BRM Kusumo : Rapid Test Antigen Massal, Upaya Cegah Sebaran Virus Covid-19

Rapid test antigen Covid-19 secara massal untuk menjaring OTG adalah salah satu solusi, begitu dinyatakan oleh tokoh masyarakat asal Solo BRM Kusumo Putro, SH,MH. Source: G-News-Surakarta

 

FOKUSLINTAS.com – Terkait naiknya kasus Covid-19 di Kota Solo menjadi sesuatu hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemkot Solo. Orang Tanpa Gejala (OTG) merupakan ancaman nyata karena sebagai pembawa virus yang mematikan tersebut.

Rapid test antigen Covid-19 secara massal untuk menjaring OTG adalah salah satu solusi, begitu dinyatakan oleh tokoh masyarakat asal Solo BRM Kusumo Putro, SH,MH.

“Libur panjang Natal dan Tahun Baru berpotensi menimbulkan penambahan jumlah penderita Covid-19,” katanya.

Lanjutnya, Kusumo menuturkan tidak semua orang yang terinfeksi Covid-19 bergejala dan melakukan isolasi mandiri di rumah atau perawatan di rumah sakit.

“Banyak dijumpai OTG yang masih beraktifitas seperti biasa. Kelompok tersebut sangat rentan menularkan Virus Corona ,” ungkapnya.

Dia mengusulkan agar pemerintah proaktif mendeteksi persebaran Covid-19 dengan melakukan rapid test antigen secara massal.

“Tes dilakukan terhadap semua elemen masyarakat secara gratis atau tak dipungut biaya,” bebernya.

Langkah tersebut, menurut Ketua Forum Budaya Mataram tersebut harus segera dilakukan mengingat semakin bertambahnya warga Solo yang terpapar Covid-19.

“Bagi yang reaktif maka harus segera di Swab agar tahu dia positif apa negatif, dengan begitu persebaran virus semakin sempit dan tertutup. Apalagi hingga kini belum ada kepastian waktu kapan vaksinasi Covid-19 dilakukan oleh pemerintah pusat. Padahal sudah ada 1,2 juta dosis vaksin di Kota Bandung,” terangnya.

Kota Solo dinilai Kusumo harus memelopori rapid test antigen secara massal.

“Tujuannya menutup dan mengurangi potensi sebaran Virus Corona, sehingga tidak ada pertambahan kasus baru, dan ini harus menjadi pilot project bagi Kota Solo, diharapkan setelah dilakukan, daerah lain bisa mencontohnya,” tegasnya.* (Tim)

 

Editor: Adm

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *