Segudang Manfaat Merokok Menurut Dokter Spesialis Jantung, Simak Baik-baik!

Sejumlah Negara Telah Menerapkan Larangan Merokok Yang Ketat Sejak Tahun 2004 | bbc-akurat

 

FOKUSLINTAS.com – Saat Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang jatuh pada tanggal 31 Mei kemarin, berbagai seruan kepada para perokok agar puasa merokok (mengisap tembakau) selama 24 jam, dan dilakukan serentak di seluruh dunia.

Kebiasaan merokok setiap tahunnya menyebabkan kematian lebih dari 5,4 juta jiwa menurut WHO. Merokok dianggap menjadi penyebab timbulnya penyakit yang bisa membawa kematian bagi perokok aktif maupun pasif (penghirup asap rokok dari perokok aktif) seperti kanker paru, usus, kanker mulut, hingga kanker pita suara.

Selain itu, masalah kesehatan jantung, stroke, kulit keriput, gangguan kehamilan dan janin, hingga disfungsi ereksi dan masih banyak lagi menjadi ancaman serius yang diabaikan.

Dibalik itu semua, ternyata merokok juga punya segundang manfaat dalam tanda kutip. Hal itu diungkapkan dokter spesialis jantung, dr. Vito A. Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA dalam instagram pribadinya @dr.vitodamay.

Berikut “manfaat” merokok versi dokter yang bertugas di RS Siloam Hospitals Lippo Village, Karawaci, Tangerang, itu.

Lihat postingan ini di Instagram
Merokok ternyata masih ada manfaatnya. Dokter mungkin tidak mau bilang ini kepada anda. Tonton sampai habis! #hariantitembakausedunia #doktervito #drvitodamay #ayohidupsehat

Sebuah kiriman dibagikan oleh dr.Vito Damay???? (@dr.vitodamay).

Mengurangi kepadatan penduduk

50 persen dari perokok itu meninggal, karena penyakit yang diakibatkan rokok. Selama tahun ini, ada 8 juta orang meninggal akibat penyakit yang diakibatkan dari rokok. Sedangkan 1,2 juta orang meninggal karena menjadi perokok pasif.

Membuka lapangan pekerjaan

Merokok memberikan manfaat bagi orang-orang di bidang kecantikan, salon, pemutih gigi. Oksidasi asap rokok bikin kulit keriput, mata jadi sayu, kulit longgar, bibir kuning hingga kehitaman. Orang yang bekerja di bidang itu bakal mendapatkan manfaat dari perokok, banyak rezeki. Para perokok akan berusaha tetap terlihat cantik, ganteng, mulus, kinclong, dengan cara apapun.

Mendukung program keluarga berencana

Bisa membantu program keluarga berencana karena laki-laki yang merokok biasanya akan mengalami impotensi, jadi susah memiliki keturunan. Ini membantu pemerintah untuk mengurangi kepadatan jumlah penduduk. Hemmmm.

Menjaga keamanan lingkungan

Perokok akan menderita PPOK atau Penyakit Paru Obstruktif Kronik jadi dia akan batuk-batuk dan terus sesak nafas. Karena sulit tidur dan terus terjaga, maling akan berpikir ulang untuk beraksi, katanya.

Manfaat di atas memang bukan manfaat positif yang didapat dari merokok. dr. Vito pun memberikan pesan menohok bagi kamu yang masih kecanduan rokok.

“Sekarang ini serius, kami baru melakukan pemasangan ring terhadap orang yang perokok berat, dia kena serangan jantung. Jadi mau berapa lama, berapa kali Anda melihat orang serangan jantung? Mungkin bagi perokok yang belum lihat langsung mikirnya itu bohong. Saya kasih tahu pada perokok berat, saya sudah terlalu sering melihat orang serangan jantung atau bahkan meninggal akibat merokok itu,” ujarnya.

Melalui video sindiran yang ia buat untuk para perokok, ia berharap ada hal baik yang bisa didapat selain hanya sekadar memberitahu rokok itu adalah penyakit.

“Kalau Anda (perokok) masih melihat manfaat-manfaat yang disebutkan tadi memang sebuah manfaat, saya gak tahu lagi harus bilang seperti apa. Anda perhatikan apakah benar ada manfaat merokok? Tanya ke keluarga apa sih manfaat merokok sebenar-benarnya? Ada nggak gunanya? Selamat Hari Anti Tembakau,” tutupnya.*

(Bambang)

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *