Tahun 2021, UNS Fokus Tingkatkan Peringkat Internasional

UNS Surakarta menggelar silaturahmi tahunan (dok/tim)

 

FOKUSLINTAS.com — Mengawali tahun 2021, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar silaturahmi tahunan secara luring dan daring, di Auditorium GPH Haryo Mataram, kampus UNS, Kentingan, Jebres, Solo. Kegiatan ini dibuka dengan pidato dari Irwan Trinugroho SE MSc PhD, dengan topik Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) UNS dalam rangka menyongsong reputasi internasional.

“PTN-BH merupakan kendaraan bagi UNS untuk menjadi Perguruan Tinggi Berkelas Dunia,” kata Irwan dalam pembukaan pidatonya, Selasa (5/1).

Irwan menyampaikan, memiliki reputasi internasional yang baik perlu dipahami oleh sivitas akademika di UNS. Pasalnya, selama ini hanya peringkat yang sering dijadikan acuan utama dalam memberikan pandangan memiliki tempat di tingkat internasional. Padahal di balik itu semua terdapat kualitas pendidikan yang perlu diperhatikan.

Menurut Irwan, indikator dan hal-hal yang saat ini perlu dipersiapkan UNS menuju perguruan tinggi berkualitas ialah reputasi akademi, reputasi lulusan, rasio fakultas dan mahasiswa, perbandingan dosen dan mahasiswa internasional. Selain itu ada juga riset internasional.

Dijelaskan, peringkat UNS menurut QS Word Ranking University saat ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Diharapkan lima tahun ke depan posisi UNS masuk peringkat 601-650 tingkat dunia.

Sementara itu, Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho menyampaikan apresiasi bagi sivitas akademika UNS dalam mewujudkan PTN BH serta atas pencapaian posisi UNS saat ini.

“Kesuksesan UNS membawa masa depannya, bukan hanya karena satu orang yang punya tujuan, tapi karena keterlibatan banyak orang yang mempunyai kesamaan tujuan untuk mencapai sesuatu yang luar biasa.Tepuk tangan untuk sivitas akademika UNS,” ajak Prof Jamal kepada hadirin.

Pada kesempatan ini juga dilakukan soft launching Integrasi Sistem Data dan Informasi oleh Rektor UNS. Aplikasi sistem data dan informasi bertajuk Laporan Kinerja Program Studi (Prodi) dapat diakses melalui lpks.uns.ac.id.

Beberapa hal yang dapat diakses pada aplikasi ini adalah data kerja sama Tri Dharma di unit pengelola Prodi, data mahasiswa Prodi, data sumber daya manusia, data keuangan, sarana dan prasarana, data pendidikan, data penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta luaran dan capaian Tri Dharma.* (Tim/Her)

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *