Ingat! Tidak Semua Nakes Wonogiri dapat Jatah Vaksin Tahap Pertama

ilustrasi (sumber: pixabay)

 

FOKUSLINTAS com – Dari ribuan tenaga kesehatan (nakes) di Wonogiri, baru separuhnya yang akan mendapat jatah vaksin covid-19. Pemkab saat ini telah mempersiapkan segala infrastruktur untuk mendukung proses vaksinasi tersebut.

“Seluruh nakes di Wonogiri sudah kami daftarkan ke Pemprov Jateng. Memang, tahap awal vaksinasi ini, Wonogiri mendapat kuota 50 persen dari keseluruhan nakes yang kami miliki,” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (6/1).

Menurutnya, jumlah nakes di Wonogiri, baik yang berstatus ASN, honorer atau swasta sebanyak 4.217 orang.

“Sehingga, jumlah vaksin yang akan diterima sekitar 2.100-an dosis,” ujarnya.

Dia mengatakan penyebaran kuota vaksin di Wonogiri berdasarkan pemetaan kasus Covid-19 di setiap kecamatan. Para nakes yang bekerja di kecamatan yang kasus terkonfirmasi positif Covid-19 banyak, akan divaksin lebih awal. Pihaknya mengaku memiliki data dan pemetaan zona kecamatan yang memiliki risiko dan kasus tinggi. Sehingga antara perkotaan dan pedesaan ada perbedaan.

Dengan sistem itu, menurut Bupati Wonogiri seharusnya tidak menimbulkan kegaduhan dan kecemburuan antar nakes. Atas kondisi ini pihaknya menyatakan telah melakukan fungsi koordinasi. Jadi, satu wilayah yang memiliki potensi tinggi persebaran corona menjadi panduan pemberian vaksin di tahap awal ini.

Menurutnya, Pemkab Wonogiri sudah siap untuk vaksinasi. Fasilitas pendukung, pelatihan kepada sumber daya manusia dalam proses vaksinasi, hingga proses pendistribusian sudah disiapkan. Karena ada beberapa kualifikasi khusus dalam proses vaksinasi itu.

“Tugas kami memastikan sekaligus menyosialisasikan agar proses vaksinasi berjalan dengan sukses dan tidak ada kegaduhan. Maka dibutuhkan kebijakan yang terukur dan tidak mengundang spekulasi,” tuturnya.

Meski demikian pihaknya belum mengetahui kapan vaksin itu akan tiba di daerahnya. Namun untuk mekanisme pelaksanaan vaksinasi kepada para nakes di Wonogiri bisa dilakukan di setiap Puskesmas kecamatan. Mengingat luasan wilayah Wonogiri yang cukup luas.

“Setelah nakes, golongan yang akan divaksin selanjutnya yakni para pejabat dan anggota TNI-Polri. Selanjutnya para lansia dan masyarakat umum. Nakes kan sebagai fungsi pelayanan. Harus didahulukan,” tandasnya.* (Tim/Pram)

 

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *