Kisah Coffee Beer, Minuman Asli Jombang yang Kini Viral Banyak di Sukai Kawula Muda

Coffee beer produk asli Jombang. (Source Tim/Foto dok)

 

FOKUSLINTAS.com – Coffee Beer minuman halal dari Jombang, Jawa Timur menjadi minuman viral yang paling dicari saat ini bahkan banyak beredar dimana-mana disukai banyak orang termasuk kawula muda. Setiap pelapak di semua marketplace yang ada di Indonesia menawarkan minuman bersoda yang satu ini.

Minuman limun beruap ini di produksi PT Tirta Agung, di Jalan Supriyadi Ngoro Jombang. Dengan dua produk unggulan yaitu coffee beer dan temulawak.

Komposisi yang digunakan dalam pembuatan produk ini yaitu gula pasir, air, CO2, karamel, soda dan kandungan kopi/sari temulawak. Minuman ini tidak mengandung alkohol sehingga halal untuk dikonsumsi.

Ny Mintaredja, pemilik usaha Coffee Beer menceritakan kepada TIMES Indonesia, bahwa usaha yang dirintis sejak tahun 1990 ini juga mengalami pasang surut peminat.

“Namanya usaha pasti ada pasang surutnya. karena hanya ini usaha yang saya punya, tetap saya pertahankan sampai saat ini,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Minuman limun beruap ini juga pernah mengalami penurunan dipasaran. Minuman soda yang dikemas dalam botol kaca ini kalah pasaran dengan minuman dengan kemasan botol plastik dan minuman sasetan yang lebih praktis. Karena omzet terus merosot, pihaknya juga terpaksa sempat melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap sebagian karyawan.

Siapa sangka dengan dengan mempertahankan ciri khas sendiri dan semakin menjamurnya kafe di berbagai daerah coffee beer kembali digandrungi kaum remaja. Kopi yang biasanya dinikmati dengan penyajian air panas kini muncul dengan varian lain, diminum dingin dan mengandung soda sehingga memunculkan sensasi berbeda saat meminumnya.

Ny Mintaredja, mengakui meroketnya permintaan pasarasan semakin melonjak sejak ada mahasiswa yang penelitian di tempatnya.

“Mulanya ada mahasiswa yang penelitian disini. Kemudian ia izin untuk memasarkan via online. Karena saya sendiri sudah tua dan tidak tahu internet. Sekarang sudah banyak yang menjadi reseller dan saya hanya menerima pesanan dari reseller-reseller tersebut,” katanya.

Sekarang produk coffee beer dapat dijumpai dari berbagai marketplace via online dan di kafe seantero Jawa Timur bahkan kota – kota besar di Jawa seperti Sragen, Solo, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Jakarta sudah banyak dijumpai.

“Semoga coffee beer bisa menjadi produk unggulannya Jombang,” harapnya.

Hal senada juga pernah diungkapkan oleh Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur dalam akun Instagram pribadinya tentang kehalalan minuman coffee beer dan kebanggaannya mengenai produk asli Jawa Timur ini.

“Kalau Jakarta punya bir pletok, maka Jawa Timur punya coffee beer. Meski ada embel-embel “Bir” dan dikemas dengan kaca gelap, minuman asal Jombang dijamin halal karena tidak mengandung alkohol sedikitpun,” katanya.* (Memet)

 

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *