Sebanyak 20 Perguruan Tinggi di Jateng Terancam Ditutup

Ilustrasi, 20 perguruan tinggi di Jawa Tengah terancam ditutup lantaran tak memenuhi syarat. (istimewa)

 

FOKUSLINTAS.com — Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), Muhammad Zainuri mengungkapkan, sebanyak 20 perguruan tinggi di Jawa Tengah terancam ditutup lantaran tak memenuhi syarat.

Bahkan, 4 perguruan tinggi segera ditutup pada bulan Febuari 2021.

Zainuri mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendampingan sejak 2018 dan beberapa perguruang tinggi sudah diberi lampu kuning.

“Secara etika kami tak boleh menyebutkan perguruan tinggi mana saja yang akan ditutup,” jelasnya saat ditanya daftar perguruan tinggi yang akan tutup, Selasa (16/2/2021).

Zainuri menjelaskan, proses penutupan perguruan tinggi di Jateng tak terjadi secara tiba-tiba. Pihaknya mengaku sudah 4 tahun melakukan proses evaluasi dan koordinasi dengan beberapa perguruan tinggi.

“Kalau 2021 kita tutup, berarti prosesnya sudah mulai tahun 2018 yang lalu,” katanya.

Tepatnya, pada tahun 2019 yang lalu pihaknya sudah melakukan evaluasi terhadap beberapa perguruan tinggi di Jateng. Bahkan, beberapa perguruan tinggi sudah diberi lampu kuning atau peringatan.

“Di tahun 2019 sudah kami beri lampu kuning,” ucapnya.

Meski 20 perguran tinggi terancam akan ditutup, pihaknya sudah melakukan antisipasi agar mahasiswa tak menjadi korban dari penutupan perguruan tinggi.

Bahkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan beberapa perguruan tingga yang bisa menampung mahasiswa yang kampusnya akan ditutup.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan beberapa perguruan tinggi yang bisa menampung,” imbuhnya.

Dia menambahkan, setidaknya ada 5 patokan yang menentukan perguruan tinggi tersebut akan ditutup atau tidak. Diantaranya adalah, jumlah mahasiswa yang lulus, Sumber Daya Manusia (SDM), fasilitas, kurikulum dan keungan.

“5 hal itu yang akan menjadi patokan,” ujarnya.

Seperti diketahui, selama 2020 sebanyak 5 perguruan tinggi di Jateng sudah ditutup. Sementara, pada 2021 ini terdapat 91 perguruan tinggi dalam pengawasan dan 20 perguruan tinggi akan ditutup.*

 

 

 

(src/dwi)

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *