OPINI : Keunggulan Media Online

FOKUSLINTAS.com, OPINI – Jika media online adalah media yang paling banyak dilihat orang, maka pemasar harus menggunakan media online untuk beriklan. Keunggulan media online juga tidak hanya bersifat umum seperti alasan akan lebih banyak dilihat orang, namun punya faktor lebih spesifik yang bisa menguntungkan perusahaan.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih, hampir semua bidang, semua kegiatan sudah tersentuh oleh kecanggihan teknologi. Dengan memanfaatkan kecanggihan dari teknologi, segala sesuatunya akan berjalan lebih mudah, akan jauh lebih cepat berkembang dan maju daripada sebelumnya.

Pemanfaatan keunggulan teknologi di berbagai bidang salah satunya adalah dengan banyaknya perusahaan / organisasi yang melakukan promosi secara online (daring). Para pengusaha / pemimpin organisasi yang terus mengupayakan perkembangan dan kemajuan perusahaan / organisasinya melakukan segala daya supaya masyarakat lebih mengenal secara lebih luas lagi perusahaan / organisasi yang dimilikinya, terutama sekali produk / jasa / program yang dihasilkannya.

Pengejawantahan kecanggihan teknologi di bidang industri yang berkaitan dengan sistem pemasarannya, bagaimana memasarkan produk dengan pangsa pasar yang lebih luas lagi dilakukan dengan media internet.

Media online sendiri merupakan istilah umum untuk salah satu bentuk media yang berbasis multimedia dan telekomunikasi (internet). Di dalamnya terdapat website, pers online, portal, mail online, radio online dan masih banyak lainnya. Mereka datang dengan karakteristik masing-masing berdasarkan fasilitas yang memungkinkan pengguna bisa memanfaatkan dan menggunakannya. Dalam pengertian yang lebih umum, media online juga bisa disebut sebagai sarana komunikasi berbasis online.

Salah satu desain media online yang paling sering dijumpai adalah praktik jurnalistik atau yang sering disebut dengan istilah situs berita. Situs berita atau dikenal juga sebagai portal informasi, sesuai dengan namanya adalah pintu utama informasi yang memungkinkan penggunanya bisa mengakses informasi bisa mendapatkan berbagai macam fitur dari teknologi online dan sekaligus berita di dalamnya. Content yang disediakan merupakan kombinasi yang bersifat interaktif dari layanan interaktif yang menyediakan informasi secara langsung, misal pencarian artikel, forum diskusi, dll.

Tak heran jika perkembangan aktivitas seputar jurnalistik yang berorientasi pada media online sangat berbeda dengan beberapa media konvensional yang memang sebelumnya sudah hadir di tengah-tengah masyarakat. Konten yang disajikan dalam media online biasanya lebih luas dan mudah diserap dari segi penyajian informasinya.

Beberapa karakteristik media online :

Ada beberapa hal yang dijadikan karakteristik sebuah media online dan bisa digunakan sebagai pembeda dibanding media-media lainnya. Seperti di bawah ini:

  • Menyediakan kapasitas lebih luas—halaman website bisa menampung naskah yang lebih panjang
  • Jadwal terbit bisa ditentukan setiap saat dan kapan saja
  • Bisa mengunggah dan melakukan editing konten di mana dan kapan saja
  • Lebih cepat karena anda bisa mengunggah langsung dan seketika bisa diakses semua orang
  • Dapat melakukan pembaruan informasi secara rutin dan kapan saja
  • Berisikan informasi aktual karena cepatnya penyajian dan berbagai kemudahannya
  • Lebih interaktif karena menggunakan komunikasi dua arah, khususnya dengan adanya fasilitas kolom komentar, polling, chat, dll
  • Bisa terhubung dengan berbagai sumber lain yang berkaitan langsung dengan informasi yang disajikan
  • Informasi tersebut disimpan dengan baik di dalam “bank data” dan anda bisa menemukannya melalui “link”, fasilitas “cari” dan artikel terkait

Alasan utama mengapa media online adalah media pemasaran dan iklan yang menjadi andalan dalam beberapa tahun belakangan dan akan terus bertahan ke depan adalah karena masyarakat dunia makin melibatkan platform online dalam kehidupan hariannya. Mau tidak mau perusahaan dan brand tentu harus mengikuti ke mana arah target pasar bergerak. Jika media online adalah media yang paling banyak dilihat orang, maka pemasar harus menggunakan media online untuk beriklan. Keunggulan media online juga tidak hanya bersifat umum seperti alasan akan lebih banyak dilihat orang, namun punya faktor-faktor yang lebih spesifik yang bisa menguntungkan perusahaan dan brand.

Saat ini iklan online atau yang sering disebut dengan “online advertising” memang menjadi bagian dari bisnis dunia modern. Hal tersebut juga dikenal sebagai digital marketing atau internet advertising. Terdapat banyak strategi yang perlu dipelajari agar anda bisa mendapatkan manfaat atau keuntungan dari online advertising.

Seperti yang kita tahu bahwa beberapa iklan konvensional yang dulu anda jumpai seperti spanduk, baliho, iklan televisi, poster, brosur, surat kabar, dll sudah semakin tergeser dengan adanya iklan online. Online advertising atau iklan online merupakan metode advertising yang menggunakan media online. Dengan kata lain anda beriklan dengan memanfaatkan internet untuk menyampaikan maksud anda kepada pengguna dunia maya yang jumlahnya sangat banyak.

Keunggulan menggunakan online advertising

Target iklan yang lebih spesifik

Media online memungkinkan Anda untuk menarget pasar yang demografinya lebih spesifik. Anda bisa membuat iklan yang ditujukan untuk wilayah tertentu, jenis kelamin, dan juga kategori usia tertentu. Dengan data yang dimiliki iklan yang disebarkan bisa ditargetkan pada orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan kategori produk yang Anda jual, atau topik-topik yang relevan dengan produk Anda. Dengan demikian biaya yang dikeluarkan bisa lebih efektif dan efisien ketimbang pasang iklan di media masa yang belum tentu yang lihat tertarik dengan produk Anda.

Budget yang terjangkau untuk segala usaha

Anda punya usaha rumahan dengan target konsumen lokal, atau Anda merupakan bagian dari tim pemasaran dari perusahaan multinasional? Semuanya bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk memanfaatkan keunggulan media online sebagai promosi. Untuk usaha kecil misalnya bisa memanfaatkan situs dengan niche dan teknik SEO untuk meningkatkan branding dan penjualan sementara untuk perusahaan besar dengan budget yang lebih besar bisa menggunakan beberapa platform online sekaligus bersamaan. Budget untuk iklan dan promosi pun bisa sepenuhnya Anda kontrol.

Lebih adaptif terhadap perubahan

Menggunakan media online artinya Anda memiliki keuntungan untuk bisa melakukan tes pemasaran dalam periode singkat untuk melihat performa dan dampak dari iklan yang dipasang terhadap respon konsumen. Jika ada yang kurang memuaskan, salah, dan kondisi lain yang kurang menguntungkan, iklan bisa diubah dalam hitungan menit tanpa harus menunggu waktu tenggat waktu cetak seperti yang ada pada media cetak tradisional. Anda juga bisa mengunggah beberapa konten kreatif dalam satu waktu bersamaan untuk menguji mana yang mendapatkan respon positif lebih banyak.

Lebih mudah mendapatkan konsumen

Ketika seseorang melihat iklan di media cetak, mungkin ia akan tertarik dengan produk yang dijual namun sebelumnya ia harus ke toko terlebih dahulu. Usaha yang diperlukan untuk membeli barang karena pengaruh iklan tradisional lebih banyak dibanding iklan media online. Keunggulan media online memungkinkan seseorang untuk melihat iklan Anda, mendapatkan informasi produk dengan lebih detail, dan bisa langsung belanja hanya dengan sekali klik tanpa harus ganti baju dan dandan, mengeluarkan kendaraan, kemudian pergi ke toko.

Format iklan lebih beragam

Anda bisa membuat format iklan sesuai dengan keinginan sekaligus kebutuhan anda. hal ini dikarenakan jumlah format iklan yang sangat banyak. Iklan bisa ditayangkan dalam format gambar, video, teks atau gabungan dari beberapa format tersebut.

Membuat iklan anda lebih terukur

Menggunakan online advertising bisa lebih memudahkan anda dalam melalukan pengukuran dan analisis. Bahkan tingkat efektifitasnya bisa anda ukur lebih akurat. Iklan yang anda pasang akan lebih mudah dipantau, karena digital advertising agencybiasanya selalu menyediakan kliennya dengan berbagai macam data pendukung yang berkaitan dengan hasil iklan.

Jangkauannya lebih luas

Jangkauan untuk online advertising sendiri tidak hanya terbatas untuk lokal, namun bisa menjangkau pasar global sekaligus. Hal ini dikarenakan semua orang di dunia sudah bisa mengakses internet dengan mudah.

Lebih cepat

Iklan online terbukti lebih mudah dan cepat saat akan dipasang. Hal tersebut terbukti mengemat banyak waktu jika dibandingkan dengan iklan konvensional.

Dalam memasarkan, mempromosikan suatu produk dan perusahaan lewat media online dibutuhkan suatu teknik tersendiri. Ada cara-cara yang spesifik yang harus dipelajari supaya apa yang dipromosikan lewat internet tadi bisa dipahami dengan baik oleh masyarakat yang bisa mengaksesnya. Lebih bagusnya lagi apabila masyarakat pada akhirnya menjadi jatuh hati dan tertarik.

Setelah tertarik tentunya diharapkan masyarakat akan berminat membeli produknya. Tidak hanya sekali melainkan berkelanjutan, terus-menerus. Hal inilah yang sudah pasti diharapkan oleh para pengusaha. Produknya laku keras, penjualannya meningkat, keuntungan berlipat ganda dan perusahaannya memperoleh citra yang baik.

Untuk bisa mendapatkan semua itu dibutuhkan cara promosi lewat media online yang sangat baik, yang belum tentu bisa dimiliki oleh perusahaan yang bersangkutan. Oleh karena itulah dibutuhkan agency / konsultan yang bisa membantunya. Pihak yang dimaksudkan tersebut adalah agen / konsultan yang memang bidang pekerjaannya adalah menawarkan jasanya untuk mempromosikan produk dari suatu perusahaan.

Saat ini kebutuhan akan agency yang bisa membantu mengiklankan secara baik sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh kliennya dalam hal ini perusahaan cukup tinggi. Jasa dari agency ini sangat dibutuhkan, bagaimana mereka bisa menumbuhkan minat masyarakat untuk mengakses untuk kemudian nantinya berminat membeli produk yang ditawarkan dalam jumlah yang banyak.
Seiring dengan banyaknya permintaan untuk dipromosikan produk maupun perusahaannya lewat media online semakin banyak pula bermunculan agency yang menawarkan jasanya di bidang tersebut. Para agency ini berlomba-lomba menawarkan jasanya untuk sebagus mungkin, berkualitas supaya banyak klien yang tertarik menggunakan jasanya.

Dari sekian banyak yang bagus dan berkualitas tersebut muncullah satu nama yang saat ini begitu dikenal namanya di bidang pembuatan iklan. Nama agency yang dimaksud adalah Arfadia-Digital-Agency. Banyak sekali alasan yang membuat agencyyang bersangkutan ini dikenal namanya.

Berikut di bawah ini bisa dilihat berbagai macam kelebihan yang dimiliki, yang ditawarkan oleh Arfadia :

  • Jika suatu perusahaan ingin memperoleh situs web yang profesional, bagus dan juga menarik maka Arfadia bisa mewujudkan sesuai dengan apa yang diinginkan. Bahkan berkat web berkualitas yang dibuat, klien berhasil mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang tidak terduga karena masyarakat yang mengaksesnya menunjukkan apresiasi yang luar biasa. Arfadia tidak hanya membuat website namun juga membuat konten yang baik dan profesional.
  • Dalam hal pembuatan website secara detail sudah merupakan makanan sehari-harinya, sudah dikuasai dengan sangat baik. Beberapa sisi dikerjakan dengan sempurna, antara lain seperti web hosting serta security dan layak uji dari Open Web Application Security Project (OWASP). User experience yang ada menggunakan teknologi yang paling baru yang ada di Indonesia, yang bisa diandalkan, diantaranya CSS3, HTML5 dan teknologi PWA (Progressive Web Apps). Memakai platform CMS yang sangat mudah dan fiturnya yang begitu lengkap.
  • Setelah website yang baik dan profesional terpublikasi, apa selanjutnya ? Tentu saja pemasaran dan kampanye untuk memperkenalkan ke masyarakat website baru yang telah launch. Ada berbagai macam cara/metode untuk ini, diantaranya dengan pemasaran online dan offline (brand / web / product activation), video marketing production, press releaseevents, dsbnya.

Teknologi yang selalu baru, inovasi yang terus dilakukan, quality control yang selalu terjaga dengan baik, selalu fokus pada hasil yang optimal, terus membina kerja sama dan hubungan yang baik dengan para kliennya yang berhasil membuat Arfadia-Digital-Agency banyak dipilih oleh masyarakat jika dibandingkan dengan agency periklanan lain yang sejenis.(*)

SALAM REDAKSI

DEWAN PEMBINA

SUWARNO SE

Related Post