Niat Jambret Tas, Orang Ini Malah Kepergok Massa

FOKUSLINTAS.com, KRIMINAL – Seorang pria nyaris dihakimi massa setelah ketahuan mencuri di Pasar Delanggu, pada Sabtu (12/01/2019). Sebelum ditangkap, pelaku berinisial SW (41), warga Desa Puluhan, Kecamatan Jatinom itu, berpura-pura sebagai pembeli yang ingin berbelanja.

Dalam aksinya, SW ketahuan mencuri tas milik salah satu pedagang sembako, Endar (41), sekitar pukul 09.00 WIB. Aksi itu bermula saat Endar sedang melayani pembeli di lapak dagangannya yang berada di tepi jalan. Tak berselang lama, SW tiba-tiba mendekati lapak Endar.

“Datang dengan menaiki sepeda motor. Saat itu motornya diparkirkan sekitar 2 meter dari lapak saya, namun kondisi mesin masih nyala,” kata Endar.

Usai memarkirkan sepeda motornya, ia berpura-pura membeli sembako. Endar yang tidak menyadari gerak-gerik SW tetap melayani layaknya pembeli seperti biasa. Melihat Endar tengah sibuk melayani pembeli lainnya, SW lantas beraksi dengan cara masuk ke dalam lapak. 

“Saya tidak tahu kejadiannya bagaimana, tiba-tiba dia sudah masuk ke belakang lapak dan mengambil tas saya. Kemudian lari ke arah sepeda motornya,” imbuh dia.

Saat hendak menaiki sepeda motornya, ternyata aksi SW diketahui oleh suami Endar, Yono (60), yang waktu itu berada tidak jauh dari lapak istrinya. Mendapati SW kabur dengan membawa tas istrinya, Yono lantas berlari mengejar kendaraan SW hingga sejauh 100 meter.

“Suami saya langsung berlari mengejar sambil berteriak maling, tapi tidak ketututan (keburu). Saat masuk kampung, beruntung ada warga yang melihat dan langsung mengejar pelaku dengan sepeda motor,” jelasnya.

Aksi kejar-kejaran sempat terjadi hingga akhirnya SW berhasil dihentikan di Desa Wadunggetas, Kecamatan Wonosari. SW ditangkap warga dan nyaris dihakimi massa. Beruntung aksi itu dapat diredam dan SW dibawa ke Mapolsek Delanggu beserta barang bukti hasil curiannya.

“Saya dapat kabar kalau sudah ditangkap, lalu saya ke Polsek untuk memastikan. Kemudian tas saya dikembalikan lengkap dengan isinya, tidak ada yang hilang. Padahal ada uang dan surat-surat penting,” urai Endar.

Sementara itu, Kapolsek Delanggu, AKP Totok Mugiyanto saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut. Saat ini pelaku sudah diamankan ke Mapolsek untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. Pelaku terancam dikenai hukuman tindak pidana ringan (Tipiring).

“Bukan jambret, tapi pencurian. Saat ini sudah kami amankan untuk keterangan lebih lanjut, proses hukum tetap jalan,” tandasnya.(*)

Editor : Admin

Kontributor : Nanang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *