Wujud Kepedulian Pemerintah, Bupati Sragen Hadiri GERIMIS dan ASUH di Tanon

FOKUSLINTAS.com, SRAGEN – Diikuti ratusan siswa TK dan SD dari desa Gawan Kecamatan Tanon mengikuti Gerakan Minum Susu Usia Anak Sekolah (GERIMIS BAGUS) dan mengkonsumsi pangan asal hewan yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH).

Hadir pula Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Jateng, Ir. Muhammad Syafriadi, MM, Wakil Ketua II TP PKK Prov. Jateng Ny. Sri Purnomo, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan Ketua TP PKK Sragen Ny. Retna Susanti Dedy Endriyatno di Lapangan Calon SMKN 1 Tanon, Gawan, Jumat (01/03/2019).

Informasi yang di himpun fokuslintas.com, kegiatan yang dibuka oleh Bupati Sragen ini dalam rangka “Bhakti Peternakan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019”.

Dalam rangkaian acara Bhakti Peternakan Provinsi Jawa Tengah, juga digelar beberapa kegiatan diantaranya, pasar tani, bazar olahan peternakan, pengobatan ternak, Gerakan Minum Susu bagi Anak Sekolah (Gerimis Bagus) TK dan SD, Edukasi Mutu dan Keamanan pangan yang diikuti siswa SMA/SMK, Lomba Tumpeng antar RT se-Desa Gawan, antar Desa se-Kecamatan Tanon, antar Kecamatan se-Kabupaten Sragen, dan Pentas Wayang Orang Kontemporer dengan Lakon “Kresno Duto (Sanditomo Kawedhar).

Oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah Ir. Lalu Muhammad Syafriadi, MM menyampaikan sosialisasi Gerakan Minum Susu dan produk peternakan dan kesehatan hewan ini untuk memberikan edukasi tentang makanan dan minuman sehat yang terbebas dari bahan kimia, residu, dan mengandung protein yang tinggi.

“Tentang bagaimana membudayakan masyarakat untuk mengkonsumsi susu atau produk lainnya yang mengandung protein hewani. Karena protein hewani sangat penting sekali dan tak tergantikan untuk tingkat kecerdasan seseorang,” jelasnya.

Diketahui selama ini yang menjadi kendala dalam memasyarakatkan minum susu adalah tidak menjadi kebiasaan dan pendapatan yang mempengaruhi daya beli masyarakat. Namun jika masyarakat merasa berat membeli susu, banyak alternatif lainnya.

“Namun hal ini jangan khawatir sumber protein hewani tidak hanya berasal dari susu saja, di dalam telur, daging. Dagingpun bukan hanya daging sapi, jika daging sapi tinggi masih bisa bergeser ke daging ayam, telur asin atau bisa telur puyuh” tukas dia.

Sementara itu, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menuturkan sangat mendukung kegiatan gerakan minum susu dan konsumsi pangan asal hewan tersebut.

“ Hal Ini adalah merupakan wujud kepedulian pemerintah provinsi Jawa Tengah kepada masyarakat.” ungkapnya.

Masih menurutnya, dalam sosialisasi tersebut juga dibagikan paket susu dan makanan yang bersumber dari protein hewani kepada siswa PAUD dan TK yang mengikuti gerakan minum susu, kandungan gizi dalam susu sangat lengkap, dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Terutama kalsium untuk kecerdasan otak, tulang, dan pertumbuhan anak-anak.

“Meningkatkan konsumsi susu bagi anak – anak adalah dengan edukasi mutu dan keamanan pangan. Dari gerakan minum susu ini agar mendorong konsumsi masyarakat, terutama anak-anak lebih sehat. Kalsium yang ada dalam susu sangat bagus untuk kecerdasan otak, tulang dan gigi. Lewat gerakan ini, saya ingin melahirkan generasi yang cerdas, unggul dan berprestasi,” tandasnya. ( Awi )

Editor : Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *