Event Tahunan, Pasar Tawangmangu Masuk Nominasi ‘Award Pasar 2019’

FOKUSLINTAS.com, KARANGANYAR – Pasar Tawangmangu dinilai tim Kementerian Perdagangan bersama Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) dalam event Pasar Award 2019. Kompetisi tahunan ini melibatkan pengelola ratusan pasar tradisional di 514 kota/kabupaten di Indonesia. 

“Kita persiapkan matang dari aspek penilaiannya. Kita tinggal menunggu hasilnya keluar pada Selasa (12/3) besok. Penilaian telah berlangsung Jumat (8/3) kemarin. Tim sepertinya puas dengan Pasar Tawangmangu,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM (Disdagnakerkop UKM) Karanganyar Waluyo Dwi Basuki kepada KR, Minggu (10/3). 

Penilaian meliputi berbagai aspek, di antaranya kelengkapan infrastruktur pasar, pengelolaan sampah, hingga akses untuk penyandang difabel, ruang menyusui, dan sebagainya.

Selain itu, tim menakar motifasi para pedagang dan obsesinya meningkatkan kualitas layanan ke pelanggan.  Untuk Karanganyar, Pasar Tawangmangu diajukan sebagai peserta Pasar Award  karena secara infrastruktur dan pelayanan dipandang lebih baik dibanding pasar lain. 

“Selain pasar rakyat, Pasar Tawangmangu juga berfungsi sebagai pasar wisata. Lebih prospektif. Kalau pasar lain kan masih tradisional sekali,” tuturnya. 

Diakui, lawan Karanganyar dalam Pasar Award tidaklah ringan. Sebab tiap peserta mengajukan pasar terbaik di wilayahnya masing-masing. Setahu dirinya, pasar tradisional di Solo dan Sragen termasuk pesaing beratnya di wilayah eks Karisidenan Surakarta. Red (Lim-Tim FL)

Editor : Awi

Related Post