Peresmian Jembatan Kali Tengah Miri, Diwarnai Wayang Kulit Dalam Lakon Kresno Duto

FOKUSLINTAS.com, SRAGEN – Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Kepala Dinas PUPR Kab. Sragen Marija,S.T.,M.M meresmikan Jembatan penghubung antara Desa Bagor dan Desa Gilirejo “Jembatan Kali Tengah” Kecamatan Miri, Sabtu (09/03/2019) malam kemarin.

Data yang di himpun, Peresmian jembatan yang dulunya bernama Jembatan Bagor Muneng ini ditandai dengan pengguntingan pita, pemotongan tumpeng serta digelar wayang kulit lakon Kresna Duta dengan dalang Gusti Pangeran Benowo .

Turut hadir dalam acara ini, Sekda Sragen Drs. Tatag Prabwanto B,MM., Asisten III Ir. Simon Nugroho Sri Yudhanto, Jajaran OPD Kab. Sragen, Muspika Kec. Miri, Kades/Lurah se-Kecamatan Miri, dan Masyarakat setempat.

Kepala Dinas PUPR Kab. Sragen Marija,S.T.,M.M menyampaikan tujuan utama dibangunnya jembatan ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, karena sebelumnya kondisi jalan penghubung dua desa ini tidak layak untuk dilewati.

“Disebelah jembatan kali tengah ini merupakan jembatan lama yang hanya memiliki lebar 2,5 meter,  memiliki medan yang curam sehingga membahayakan dan sering terjadi mengalami kecelakaan,” jelasnya.

Pihaknya menambahkan Jembatan dengan panjang 100 meter dan lebar 7,6 meter ini dikerjakan dalam jangka waktu 240 hari terhitung dari 27 April hingga 22 Desember 2018.

“Pembangunan jalan atau jembatan secara bertahap telah mulai dilakukan, Jembatan Kali Tengah ini menelan biaya APBD Kabupaten Sragen Rp 10.158.307.000,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menjelaskan terbangunnya Jembatan Kali Tengah ini diharapkan dapat membuka daerah terisolir di kawasan Waduk Kedung Ombo (WKO) antara lain Bagor, Gilirejo Lama dan Gilirejo Baru juga bisa memperlancar akses ke perbatasan Kabupaten Boyolali.

“Untuk menunjang kelancaran transportasi menuju daerah tersebut perlu dibangun Jembatan Kali Tengah ini, mengingat kondisi jembatan lama sudah tidak layak,” jelas Bupati.

Bupati berharap jembatan Kali Tengah ini dapat memperlancar arus transportasi barang atau jasa sehingga pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut dapat tumbuh dengan pesat.

“Semoga difungsikan sesuai fungsinya bukan untuk hal-hal negatif, terutama untuk balapan,” Pesan Bupati.

Dalam tasyakuran ini diberikan berbagai macam doorprize diantaranya 2 ekor sapi sebagai hadiah utamanya, dan 10 ekor kambing.

Pembangunan jembatan ini dalam rangka melaksanakan salah satu visi misi Pemerintah Kabupaten Sragen yaitu melaksanakan pembangunan menyelenggarakan pembangunan infrastruktur yang berkualitas secara menyeluruh. (*)

Editor : Eko Awi

Kontributor : Tim Fokus Lintas

Related Post