Diduga Selewengkan Dana Keuangan Desa, Kades Girimulyo Karanganyar di Tetapkan Jadi Tersangka

FOKUSLINTAS.com, KARANGANYAR – Setelah diketahui berkas data dan kesaksian lengkap, oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) secara tegas memutuskan menjerat Kades berinisial SP sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi bantuan keuangan di Desa Girimulyo, Ngargoyoso, Karanganyar.

Data yang di himpun, Kades SP diduga menyelewengkan kewenangannya untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari belanja pengadaan barang proyek bersumber bantuan keuangan. selain itu Kejari Karanganyar saat ini juga menerima lagi berkas dugaan korupsi Kades SP terkait pengurusan PTSL 2017, modusnya diduga untuk memperkaya pribadi dan dari data sementara kerugian negara lebih dari Rp 300 juta, sumbernya Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Terdapat proyek yang tidak dikerjakan maupun sebagian saja yang dikerjakan, namun laporan kegiatan dibuat seakan tuntas.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karanganyar, Suhartoyo juga mengatakan bahwa kasus itu prosesnya sampai ke penyidikan, memakan waktu cukup lama karena kejaksaan perlu berkoordinasi dulu ke inspektorat daerah selaku aparat pengawasan intern pemerintah (Apip), Kamis (14/3).

“Kades yang menjadi tersangka memang masih aktif, saat dipanggil juga kooperatif selama penyelidikan tinggal penetapan. Akan tetapi data, alat bukti, saksi, kerugian semua sudah lengkap, Kades jelas sebagai penanggung jawabnya,” paparnya.

Menurutnya, Kasus tersebut kronologinya berawal dari adanya laporan masyarakat, selanjutnya dalam jarak sekitar sembilan bulan oleh pihak penyidik akhirnya dapat menyelesaikan pengumpulan data keterangan, berkas dan barang bukti, hingga beralih ke pihak penyidikan Kejari serta pemanggilan 36 saksi dimintai keterangan dalam kasus ini.

“Obyek pemeriksaan nantinya tidak itu saja, diduga Kades SP banyak berlaku curang. Kami mengantongi lima alat bukti, satu diantaranya pungutan liar Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) di Desa Girimulyo.” Imbuhnya.

Editor : Admin

Kontributor : Awi

Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post