OPINI : Mencermati Perputaran Keuangan Daerah

FOKUSLINTAS.com, OPINI – Jika benar 90% data PNS berasal dari luar daerah dan 10% PNS penduduk asli Blora, Ini hal yang luar biasa penyerapan keuangan daerah..

Analisis : 90% PNS mencari nafkah di Blora sebagian hartanya memungkinkan di investasikan di asal tanah kelahirannya luar daerah Blora.

Banyaknya Toko Modern yang tidak dibatasi ijin prinsipnya oleh daerah seperti Indomart, Alfamart dan Pasar modern dari luar daerah akan mematikan toko-toko UKM di kota maupun di desa.

Berapa jarak pembuatan Toko Modern Elite?Berapa Jumlah Toko Modern Indomart, Alfamart di seluruh Kabupaten Blora?

Anda beli di Toko Modern harus cash tunai, bahkan harganya lebih tinggipun di beli nota kasirpun tidak dibaca lalu dibuang karena mainset gaya hidup (Prestise) menjadi kebanggaan.
Pertanyaannya.. berapa jumlah uang masyarakat Blora yang terserap di Toko Modern tersebut?

Apa sumbangsih Indomart dan Alfamart terhadap sosial kemasyarakatan setempat tentang (CSR)? Berapa besar masyarakat Blora kerja seharian uangnya berputar di Daerah?

Analisis lembaga Financial : Coba diamati menjamurnya koperasi-koperasi yang officenya tidak mau kalah dengan perbankan.

Siapa Pemiliknya.. ? Rata-rata dari luar daerah dan berapa besar penyerapan uang masyarakat Blora di koperasi dan lembaga-lembaga leasing?.

Analisis kegiatan Birokrasi : Banyak Keuangan Daerah yang di pakai study banding dan kunker di luar daerah pertahunnya.

Pertanyaanya Kunker, Bintek/Pelatihan dan Study Banding dilakukan Birokrasi pertahun hampir bertahun-tahun dilakukan untuk memberi sumbangsih Devisa daerah lain, bahkan Mutasi Jabatan saja membahasnya di luar daerah? Dan mungkin banyak yang lain belum bisa kita diskusikan disini?

Resume : Blora Kaya tapi angka kemiskinan 13,90% (di zona merah), Blora lahan strategis oleh para pialang-pialang untuk mencari uang buangnya di luar daerah lain.

Berapa perbandingan uang daerah yang terserap masyarakat lokal dan orang-orang yang berasal dari kelahiran luar daerah. Besar mana daya beli masyarakat terhadap belanja di lokal dengan di luar daerah?

Berapa besar angka pemberian kredit Perbankan terhadap kebutuhan masyarakat? Bisa sebagai tolak ukur perputaran keuangan dalam pekembangan ekonomi daerah?

Bank memutar uang nasabah, anda menabung diputar bank untuk pembiayaan investasi, berapa besar investor-investor asli lokal daerah Blora?

MEMBANGUN BLORA SEDERHANA, KUNCINYA adalah kebijakan kearifan lokal. Perda-perda jalankan sesuai Riil-nya jangan dilanggar oleh pembuat kebijakan itu sendiri akan dapat memperbaiki keadaan pertumbuhan ekonomi daerah. Disparitas bertahun-tahun nomor 2 di jateng, Realitanya petani jagung ekonominya belum mapan.. siapa yang ambil keuntungan besar?

Populasi sapi Blora nomor 1 di Jawa Tengah, bagaimana faktanya dalam perkembangan ekonomi peternak sapi?

Semoga sekilas sedikit potret ini dapat sebagai bahan FGD.

Penulis : EDY YULIANTO, S.E

MEDIA FOKUS LINTAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *