Aksi Pemilu Damai, Ini Yang di Lakukan Mahasiswa ISI Solo

FOKUSLINTAS.com, PENDIDIKAN – Pemilu hanya tersisa hitungan hari lagi, untuk mengampanyekan kepedulian pemilu damai, mahasiswa angkatan 2018 Prodi Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menggelar aksi unik melalui beragam media.

Aksi itu dilakukan di Kampoeng Demokrasi, Dukuhan, Nayu, RT 02 RW 30 Kadipiro, Banjarsari, Solo, Selasa (9/4/2019) siang.

Mahasiswa memajang sebanyak 70-an karya ilustrasi poster berisi pesan, ajakan, gambar, ungkapan, dan ide kreatif lainnya sebagai bentuk persuasif akan pemilu damai.

“Momentum pemilu ini kami manfaatkan untuk mengisi tugas mata kuliah Ilustrasi Terapan di semester II dengan cara yang positif,” kata Nindra Aris Setya Budi selaku Koordinator Mahasiswa di sela kegiatan.

Puluhan karya kreatif mahasiswa berupa poster berdiameter 50 cm memanfaatkan ban bekas sepeda motor, kemudian dikreasi sedemikian rupa dengan konten seputar ajakan tolak politik uang, tetap bersatu walau beda pilihan, antihoaks, ujaran kebencian, pemilu damai, semangat toleransi, hingga ajakan untuk tidak golput. Poster unik itu bakal dipajang dan dipamerkan hingga gelaran pemilu selesai.

“Kami ingin turut menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini melalui karya mahasiswa dengan teknik dan gaya ilustrasi yang beragam baik teknik manual, digital ataupun kombinasi keduanya,” sambung Asmoro Nurhadi Panindias SSn MSn selaku Kaprodi DKV ISI Surakarta.

Di samping itu, mereka juga menghadirkan aksi pendukung berupa grafiti massal menggunakan pylox, spidol, dan alat gambar lainnya di spanduk berukuran 3×3 meter. Dalam grafiti itu mahasiswa menuangkan beragam kreasi konten pemilu damai bagi masyarakat Indonesia.

Sementara itu, Basnendar Herry Prilosadoso SSn MDs yang merupakan dosen pengampu MK Ilustrasi Terapan berharap, mahasiswa bisa berkontribusi secara langsung dalam menyukseskan pemilu agar terlaksana dengan damai, aman, jujur dan adil melalui kegiatan yang kreatif.

“Melalui kegiatan-kegiatan kreatif diharapkan kompetensi dan kemampuan mahasiswa dalam mengolah ide gagasan semakin terasah,” ujar Basnendar. (adr-Tim FL)

Editor : Admin

Kontributor : Nanang