Kominfo : 214 Ribu Sekolah di Targetkan Terhubung Internet Cepat

FOKUSLINTAS.com, PENDIDIKAN – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bertanggung jawab untuk menghubungkan 214 ribu sekolah terhubung dengan internet.

“Akan ada 214 ribu sekolah SD, SMP, SMA yang terhubung dengan internet, hanya masalah waktu semuanya harus terhubung dengan internet kecepatan tinggi.” demikian disampaikan  Menkominfo Rudiantara dalam kuliah umum di Kampus Universitas Negeri Padang, Kamis (11/04/2019) Negeri Padang (UNP) dengan tema ‘Mempersiapkan SDM Indonesia Menapaki Revolusi Industri 
4.0′.

Menteri menjelaskan Kominfo mematok target menghubungkan seluruh sekolah dan fasilitas publik di daerah terpencil menggunakan satelit high throughput mulai 2021. Karena itu, hanya masalah waktu semuanya harus terhubung dengan internet kecepatan tinggi. Saat ini cakupan sekolah di pulau Jawa sudah tersedia jaringan internet, sementara pembangunan di luar Jawa masih belum merata.

Rudiantara mengatakan bahwa seluruh sekolah termasuk 10 ribu puskesmas, 75 ribu kantor desa, kantor lurah, kantor kuwu, 10 ribu kantor kecamatan, Polres, dan Koramil ditargetkan sudah terhubung internet cepat pada 2023.
“Semuanya itu dengan internet kecepatan tinggi. Jadi kita perkirakan semuanya selesai 2022-2023. Tidak ada lagi sekolah yang tidak terhubung dengan internet berkecepatan tinggi,” pungkasnya.

Nilai investasi untuk satelit ini ditaksir Rudiantara mencapai 300 juta dolar Amerika hingga 400 juta dolar Amerika. Dalam kesempatan itu .
Menkominfo Rudiantara Meninjau Pemanfaatan BTS dan Akses Internet BAKTI di Mentawai.

Editor : Admin

Kontributor : Tim

Sumber : Harian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post