Amankan TPS, Polres Karanganyar Gelar Apel

FOKUSLINTAS.com, KARANGANYAR – Polres Karanganyar menggelar Apel Pergeseran Pasukan jelang Pemilu 17 April mendatang pada Senin (15/4/2019) pagi. Sebanyak 650 personel Polres Karanganyar yang bertugas di di tempat pemungutan suara (TPS) dikumpulkan di halaman Mapolres.

Mereka diminta menunjukkan perlengkapan tugas yang dikemas di tas punggung, yakni peralatan mandi, pentungan, senter, borgol, dan buku saku. Mereka berkelompok sesuai wilayah kecamatannya.

Di sela apel, Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Efendy menguji kesiapan anggota dengan melontarkan pertanyaan seputar pemilu seperti warna surat suara dan arti KPPS.

Kapolres mengimbau anggotanya datang lebih awal di TPS saat pemungutan suara dan pulang setelah penghitungan suara rampung. Kapolres juga mewanti-wanti anggota yang mangkir maupun meninggalkan tugas tanpa sepengetahuan pimpinan. Jika melanggar, hukumannya dua kali lipat lebih berat.

Sesuasi apel pergeseran pasukan, Kapolres mengatakan bahwa pengamanan tanpa senpi merupakan SOP polisi di TPS dan  sebagai gantinya membawa pentungan dan borgol.

“Karena ini kan (pengamanan) masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya,” katanya. Namun jika ada masalah, Kapolres meminta unutk langsung dibawa ke polsek masing-masing.

Untuk pengamanan di TPS, satu unit ada dua personel. Keduanya mengampu 12 TPS dan itu untuk mencukupi pengamanan di 3.149 TPS.

Di masing-masing TPS masih dibantu linmas, pengawas dari Bawaslu, KPPS dan relawan parpol maupun paslon. “Kami juga dibantu satu SSK dari Sat Bromob Polda Jateng,”imbuhnya. (joe-Slt)

Editor : Admin

Kontributor : Tim FL