Bawaslu Mulai Patroli Cegah Money Politik di Klaten

FOKUSLINTAS.com, KLATEN–Memasuki masa tenang pada 14-16 April 2019 membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Klaten mulai melakukan patroli pengawasan di wilayah-wilayah. Patroli tersebut salah satunya untuk mencegah terjadinya money politik.

Ketua Bawaslu Kabupaten Klaten, Arif Fatkhurahman mengatakan patroli pengawasan dilakukan oleh petugas dari tingkat Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) hingga pengawas kabupaten. Sesuai intruksi, patroli itu digenjot saat memasuki masa tenang.

“Dari Bawaslu RI meminta untuk hari tenang, tapi dari kami sudah berlaku sejak apel kemarin. Intinya jangan sampai ada money politik, hingga mobilisasi jika ada intervensi dan lain sebagainya,” kata dia, melansir sorot, Minggu (14/04/2019).

Selain mengantisipasi terjadinya money politik, patroli pengawasan juga dimaksudkan untuk mengawasi ada atau tidaknya Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ikut dalam kegiatan kampanye. Sebab, penyelenggara pemilu harus netral. 

Disisi lain, selama masa tenang ini Bawaslu Kabupaten Klaten juga fokus dalam pembersihan alat peraga kampanye (APK), termasuk petugas yang ada di Panwascam juga ikut turun ke seluruh wilayah. Pada kesempatan ini pihaknya menggandeng petugas Satpol PP.

“Sebelum masuk hari tenang, kami sudah mengirimkan surat kepada peserta pemilu untuk menertibkan APK nya sendiri sebelum masa tenang. Tapi ini masih ada, maka kami tertibkan,” urai dia.

Ditargetkan semua APK yang tersebar di tiap kecamatan sudah bersih pada Minggu, hanya saja untuk APK di perkotaan ditarget segera bersih pada, Senin (15/04/2019). Mengingat banyaknya APK dan ukuran APK yang terpasang masih harus membutuhkan waktu untuk pembersihan.

“Kalau yang tingkat kecamatan mungkin sudah habis, tapi untuk baliho yang besar terkait dengan alat dan prasarana butuh waktu. Jadi maksimal besuk (Senin),” pungkasnya.

Editor : Admin

Kontributor : Nanang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post