Tragis.. Tiga Anggota KPPS di Karanganyar Meninggal Dunia

FOKUSLINTAS.com, KARANGANYAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karanganyar melaporkan ke KPU Jawa Tengah terkait tiga petugas penyelenggara pemilu Pilpres dan Pileg 2019 yang meninggal dunia di wilayahnya. Laporan tersebut sebagai modal pemberian santunan ke keluarga.

“Petugas kami di Jawa Tengah yang meninggal dunia lumayan banyak. Sejak awal, kami sudah diinstruksi mendata siapa saja yang meninggal dunia dan sakit. Oleh KPU provinsi sedang diusahakan untuk pemberian santunan,” kata 
Ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari, Kamis (25/4). 

Tiga penyelenggara pemilu yang meninggal dunia yaitu linmas TPS 17 di Dusun Jati Kelurahan Tegalgede Karanganyar, Suharto. Ia menghembuskan nafas terakhir pada Rabu (17/4) malam. Kemudian Ketua Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Tasikmadu, Sapto Nugroho (59) dan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 17 Desa Jati, Jaten, Albertus Tri Nugroho (59) yang meninggal dunia, Rabu (24/4). 

Triastuti mengakui kematian ketiganya tak lepas dari kondisi fisik menurun akibat kelelahan menyelenggarakan pemungutan dan penghitungan suara. Ditanya besaran santunan, ia mengaku hal itu ranah KPU provinsi.  “Secara kelembagaan, ada bentuk apreasiasi kita ke almarhum karena mereka ujung tombak,” katanya. 

Mengenai faktor kelelahan petugas, Triastuti mengatakan sebenarnya durasi kerja KPPS diatur UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu. 

“Penghitungan suara di hari yang sama usai pemungutan maksimal pukul 24.00. Ada putusan MK bisa dilanjutkan 12 jam berikutnya tanpa jeda,” katanya.(*)

Editor : Admin

Kontributor : Nanang

Sumber : Tim Harian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *