Bakal Coblos Ulang, Dua TPS di Klaten Bermasalah

FOKUSLINTAS.com, KLATEN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten menyatakan bakal menggelar pemungutan suara atau coblosan ulang di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pekan ini. Hal itu dilakukan menyusul adanya temuan pemilih dari luar daerah yang ikut mencoblos di TPS setempat tanpa disertai surat A5.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten Kartika Sari Handayani mengatakan coblosan ulang bakal dilakukan di TPS 13 Desa Kebondalem Lor, Kecamatan Prambanan dan TPS 10 Desa Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah. Coblosan ulang tersebut dijadwalkan pada Sabtu (27/4) mulai pukul 07.00 WIB.

“Ada sedikit masalah dan oleh Bawaslu direkomendasikan pemungutan ulang. Karena ditemukan pemilih yang tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT) tapi melakukan pencoblosan tanpa membawa surat A5 atau keterangan pindah mencoblos,” kata dia, dilansir dari sorot, Rabu (24/04/2019).

Dari hasil pendataan, di TPS 13 Desa Kebondalem Lor ada delapan pemilih luar daerah, sementara di TPS 10 Desa Mojayan ada dua orang luar daerah. Mereka kedapatan menyalurkan hak suaranya di masing-masing TPS itu tanpa disertai A5, melainkan hanya menunjukkan e-KTP sebagai syarat pindah memilih. 

Dari dua kasus itu, Kartika mengaku terdapat ketidakpahaman dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) terhadap aturan tersebut. Disisi lain, mereka juga kebingungan lantaran sehari sebelum pencoblosan sempat beredar informasi bahwa e-KTP bisa digunakan sebagai syarat mencoblos di semua TPS.

“Sebetulnya pemilih luar daerah itu sudah tinggal di desa tersebut lama, hanya saja belum masuk DPT. Sementara kok bisa lolos saat mencoblos? karena kurang pahamnya KPPS terhadap aturan, apalagi sempat beredar informasi hoax,” urai dia.

Pihaknya sudah melapor ke KPU provinsi dan pusat terkait persiapan logistik. Di TPS 13 Kebondalem Lor, kebutuhan surat suaranya 209 lembar dari jumlah DPT 204 orang, dan di TPS 10 Mojayan kebutuhan surat suara 277 lembar dari DPT 272 orang. Nantinya coblosan ulang berlaku untuk lima jenis surat suara.

“Digelar pada Sabtu (27/04) mulai pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB. Sedangkan untuk perhitungannya dilakukan pada hari yang sama. Kita prediksi dari pemungutan hingga perhitungan selesai dalam waktu dua hari,” pungkasnya.

Editor : Admin

Kontributor : Memet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *