KPU : Kemenangan Pileg Bisa Batal Kalau Tak Lapor Dana Kampanye

FOKUSLINTAS.com, NASIONAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY mengingatkan agar para peserta Pemilu 2019 untuk segera menyerahkan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK). Bila terlambat menyerahkan LPPDK sesuai batas waktu yang ditentukan, keterpilihannya akan dibatalkan.

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan mengatakan sampai saat ini hampir semua peserta Pemilu belum menyerahkan LPPDK. Dia berharap agar laporan tersebut diserahkan sebelum waktu yang ditentukan. “Kalau tidak menyerahkan atau menyerahkan setelah batas waktu yang ditentukan, tentu (jika terpilih) bisa dibatalkan. Jadi harus diserahkan tepat waktu dan jangan sampai terlambat,” kata Hamdan dilansir Harian Jogja, Minggu (28/4/2019).

Dijelaskan Hamdan, batas waktu untuk penyerahan LPPDK untuk peserta Pemilu di KPU kabupaten/kota dan Calon Anggota DPD RI pada 1 Mei sementara untuk tingkat KPU DIY hingga 2 Mei mendatang. Dia berharap baik partai politik dan calon anggota legislatif mematuhi jadwal penyerahan LPPDK. 

“Nantinya setiap LPPDK yang diserahkan akan diperiksa oleh akuntan publik di KPU. Kami datangkan akuntan publik untuk memeriksa setiap laporan,” katanya.

Ketentuan penyerahan LPPDK tertuang dalam Pasal 335 UU No.7/2017 tentang Pemilu. Pasal tersebut menyebutkan, peserta pemilu wajib melaporkan penerimaan dan pengeluaran dana ke KPU. LPPDK tersebut diserahkan maksimal 15 hari setelah pemilu atau 2 Mei 2019.

Editor : Admin

Kontributor : Tim FL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *