Mari Hindari Penyakit Akut ‘Iri dan Dengki’

FOKUSLINTAS.com, OPINI – Sangat bermakna bagi kehidupan, bahwa dalam khasanah hidup sebenarnya penyakit adalah sebuah kata yang sangat dihindari oleh manusia pada umumnya. Karena, kata yang satu ini adalah salah satu kata menyeramkan bagi kita tentunya.

Hati kita tentu bertanya.. mengapa tidak?? Dalam hal ini karena terdapat berbagai resiko yang dapat ditimbulkan akibat penyakit yang diderita oleh setiap insan manusia tentunya yang normal, baik berupa keluhan ringan bahkan sampai merenggut nyawa seseorang.

Diakhir cerita akhirnya iming-iming kematian pun selalu terngiang bila seseorang telah didiagnosa “Penyakit Akut”, berbahaya tentunya kan…??

Untuk kali ini fokuslintas.com akan berbicara tentang penyakit, tentunya kita sebagai manusia normal tidak menginginkan adanya penyakit yang bersarang dalam tubuh kita bukan.

Akan tetapi, disadari atau tidak sebenarnya pada dasarnya kita telah menanam benih penyakit dalam diri kita sendiri. Penasarankan, mau tahu letaknya racun kehidupan itu bernaung. Posisi penyakit berbahaya itu letaknya tepat dalam “Hati” kita sendiri. Kalian tidak percaya? Baiklah mari kita bahas ya??

Sejenak fokuslintas.com berceloteh.. “Penyakit Hati” oohh,,, “Penyakit Hati”. Ingat.. tapi kita jangan salah kaprah dulu ya, Yuk mari simak coretan kecil berikut ini..?

Dalam hal itu, “Penyakit Hati” yang satu ini bukanlah penyakit sepele dan tidak bisa dianggap enteng. Karena apa, penyakit ini berbeda dari penyakit yang lain dikarenakan perihal penyakit ini lebih tertuju pada batin atau Qolbu manusia atau kita sendiri, menjadi manusia tulus legowo ternyata tidak semudah yang kita bayangkan.

Gawatnya.. penyakit yang tanpa kita sadari ini dapat melukai dan membuat jadi pecundang, bahkan dapat menimbulkan perpecahan dalam berbagai bingkai kehidupan tak kenal itu kawan atau lawan. Sangat miris, yach.. penyakit hati yang berbahaya itu adalah IRI dan DENGKI. Penyakit yang dapat menggerogoti kita hingga menjadi seorang yang sangat merugi dan berjiwa busuk serta tak berbudi pekerti yang luhur.

Perlu diingat, pada dasarnya rasa iri dan dengki yang bersarang dalam diri termasuk kerusakan yang dapat menelanjangi hati. Lalu biasanya orang yang terjangkit penyakit ini tidak akan pernah puas juga serakah dengan apa yang telah dimilikinya dan senantiasa merasa cemburu/tidak senang bila seseorang mendapatkan suatu kebahagiaan ataupun kesuksesan.

Sementara itu perlu diketahui jika penyakit iri dan dengki ini memiliki dampak yang buruk bagi kehidupan manusia. Dikarenakan kemudaratan dari hal tersebut sangatlah besar serta hal ini merujuk pada artikel yang kita bahas terdapat beberapa dampak Iri dan Dengki bagi pelakunya.

Bahwa seseorang yang diliputi rasa iri dan dengki akan mudah merasa sedih dan duka karena selalu merasa kurang puas alias serakah dalam hidupnya, tidak punya rasa syukur dan suka mengeluh.

Kemudian ketika rasa iri dan dengki yang bersarang dalam diri seseorang senantiasa akan melahirkan suatu gibah yang dapat menimbulkan fitnah yang berujung permasalahan baik keluarga atau orang lain.

Seseorang yang memelihara sifat iri dan dengki dalam dirinya maka ia akan merasa dirinyalah yang paling benar dan akan memulai mencari kesalahan dan keburukan seseorang tidak mau berkaca diri sendiri.

Hal di atas adalah sebagian kecil dari dampak yang akan ditimbulkan oleh rasa iri dan dengki yang mengendap dalam diri seseorang. Lalu, bayangkan saja jika setiap orang tidak mampu menahan diri dan terjerumus dalam rasa iri dan dengki sehingga sifat tersebut tertanam dalam diri setiap manusia. Tentunya tidak akan ada kedamaian di alam semesta ini.

Dan apa yang terjadi, bahwa setiap orang berefek sibuk menggunjing dan mengurus orang lain kerjaannya, rapat, ngrumpi tidak jelas lalu hobby menilai serta mencari kesalahan orang lain. Perselisihan terjadi di-mana-mana, perpecahan, perang saudara dan masih banyak lagi hal mengerikan yang akan terjadi. Naudzubillah..

Menyikapi hal itu, marilah kita sama-sama menjaga lisan dan perbuatan kita serta senaniasa mendekatkan diri kepada Tuhan YME. Mudah-mudahan kita terhindar dari penyakit yang sangat berbahaya tersebut dan dijauhkan dari sifat-sifat buruk yang dapat merugikan kehidupan kita seterusnya.

SALAM REDAKSI

DEWAN PENASEHAT

UST. MALA KHUNAEFI

Related Post