Perdagangan Kawasa Amerika Latin di Bidik RI

FOKUSLINTAS.com, EKONOMI – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, akan meningkatkan kerja sama perdagangan di kawasan Amerika Latin. Langkah ini dinilai sebagai terobosan yang patut diapresiasi. 

Ini menunjukkan upaya  sepenuh hati pemerintah untuk mendobrak pasar ekspor Indonesia yang selama ini terkesan klasik di negara-negara besar.

“Hari ini kami memulai kunjungan di Amerika Selatan, setelah bertolak dari Swiss ke Argentina dan Cile. Agenda dilakukan untuk melakukan kunjungan kerja meningkatkan kerja sama perdagangan di kawasan Amerika Latin. Langkah ini dinilai sebagai terobosan yang patut diapresiasi.  Ini menunjukkan upaya  sepenuh hati pemerintah untuk mendobrak pasar ekspor Indonesia yang selama ini terkesan klasik di negara-negara besar,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, di Jakarta,Selasa (14/5).

Dikatakan, agenda kerja ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam membuka dan memperluas peluang pasar ekspor produk-produk Indonesia ke pasar nontradisional. Di Buenos Aires, Argentina, Mendag akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri dan Kepercayaan Argentina, Jorge Marcelo Faurie, serta sejumlah pertemuan dengan Asosiasi dan pelaku usaha di Argentina. 

Dipaparkan,  saat ini total neraca perdagangan kedua negara saat ini mencapai 2 miliar dokar AS, namun masih defisit bagi Indonesia. “ Pertemuan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja ekspor Indonesia terhadap Argentina,” kata Enggar.

Di Argentina, Mendag juga dijadwalkan bertemu dengan Mercosur ASEAN Chamber of Commerce (MACC), Kamar Dagang Impor Argentina, dan Dewan Argentina untuk Hubungan Internasional.  Kunjungan kerja ke Argentina ini juga merupakan tindak lanjut kunjungan resmi Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti ke Indonesia yang diterima Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla baru-baru ini. (Lmg-Tim FL)

Editor : Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *