Pemberdayaan di Desa Sribit Menjadi Kampung Wifi dan Ber Icon

FOKUSLINTAS.com, SRAGEN – Sebagai Desa yang selalu menjalankan ketertiban UU Desa ini memiliki tujuan utama yaitu dalam mensejahterakan rakyat, khususnya Desa Sribit Kec. Sidoharjo, Kab. Sragen yang di pimpin oleh Kepala Desa Sutaryo, dikenal sebagai sosok pria berwajah kalem dan bersahaja, ditambah penuh bersemangat ketika bincang-bincang tentang pembangunan di Desanya keranah gagasan-gagasan yang membangun.

Data yang dihimpun fokuslintas.com, terkait yang ada di Desa Sribit dimana memanfaatkan adanya Dana Desa, salah satunya untuk membuat jaringan internet sehingga menjadi masif, lalu stabilitas jaringannya, serta bisa murah bermanfaat bersama bagi masyarakat luas dan seyogyanya segala sesuatu tentunya bisa dipecahkan lebih praktis melalui kecanggihan teknologi yang sekarang mengikuti era jaman now.

Kemudian terkait mindset masyarakat dan pemerintah daerah tentunya mengacu bahwa masyarakat desa masih belum terbuka tentang internet dan untuk kemudahan administrasi laporan pertanggungjawaban Dana Desa bahwa pembangunan itu harus berbentuk fisik.

“Tentunya dalam membangun, pengerasan jalan, saluran irigasi, dan pembangunan berbentuk fisik lainnya, sudah berjalan sesuai petunjuk, ” terangnya.

Kerja bakti bersama warga

Sementara itu, di Desa Sribit memiliki jaringan Wifi merata sekitar 75% titik dan mencakup 16 RT, dalam penjelasannya Kades Sutaryo menyampaikan di wilayah masing-masing sudah ada yang mengurusi, sesuai keputusan dalam kepengurusan BUMDes, yakni Wifi di kelola oleh BUMDes.

” Semoga kedepannya ada terobosan gagasan yang berani di tingkat desa untuk membangun sesuatu yang kasat mata tetapi bermanfaat besar bagi kemajuan daerah. Hal tersebut menilik dari terobosan kemajuan di Desa Sribit yang selalu mempunyai gagasan menuju desa yang maju dan modern, karena Desa Sribit tergolong desa yang aktif dan responsif terhadap pembangunan, wajar jika wajib berkembang, serta melatih masyarakat menciptakan sistem guyub rukun menuju pembangunan yang transparan dan akuntabel serta dedikasi yang tinggi,” tukas dia.

Pansimas di Desa Sribit

Menurut Kades Sutaryo Program lainnya terkait kemajuan pemberdayaan di Desa Sribit adalah tentang Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yaitu salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah sebagai pemberdayaan yang bermanfaat bagi segenap warga masyarakat.

Oleh Pemerintahan Desa Sribit Program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat yang kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan per-urban.

“Dengan  Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat,”imbuhnya.

Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat. (Awi-Hotman-Nanang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post