Pernah Menjabat Kades, H. Suminto Prakarsai Usaha ‘UD Sarana Jati’

FOKUSLINTAS.com, SRAGEN —Perusahaan kayu UD Sarana Jati di Kalijambe Kabupaten Sragen, Jawa Tengah memberikan kualitas kayu pilihan kepada konsumen. Usaha yang merupakan milik H. Suminto itu memprakarsai pengelolaan juga penyediaan berbagai kayu yang tidak diragukan lagi .

H. Suminto yang pernah menjabat Kepala Desa Karangjati Kalijambe dan sekarang sudah purna ini juga menyatakan kualitas stock kayu pilihan itu berlangsung rutin setiap tahun. 

H. Suminto dan Istri

“Saya sebagai salah satu pengusaha kayu jati di karangjati kalijambe, Jawa Tengah membutuhkan pasokan kayu yang cukup untuk mengisi kapasitas serta pemrosesannya. Oleh karena itu, usaha mempunyai dalam mendorong kebutuhan para konsumen untuk menjadikan stock kayu sebagai sumber pendapatan yang menguntungkan dan bekerja sama untuk berbagai kebutuhan baik usaha meubel sampai perumahan” paparnya. 

Dengan demikian, simpul dia, UD Sarana Jati milik H. Suminto ini berharap kebutuhan pasokan kayu akan mudah didapatkan dengan sebaran konsumen yang membudidayakannya di wilayah yang terjangkau.

“Struktur dan sarana transportasi yang ada tergantung pemesan, berbagai daerah di Jawa Tengah memesan kesini, produk kayu kualitas dari saya juga sudah mendukung mobilitas bahan baku untuk berbagai kebutuhan,” tukas dia.

Berbagai kayu jati pilihan

Sementara itu, saat Wartawan fokuslintas.com bertandang dilokasi usaha H. Suminto tersebut, Dia menyambut baik dan memberikan keterangan tentang berbagai ilmu usahanya yang sukses tersebut.

Menurutnya usaha tersebut merupakan perubahan cara pandang tentang kemajuan, sistem usaha merintis awal prosedurnya dari menebang pohon yang ada, menggantinya dengan cara pandang baru, lalu dipilih untuk bisa dikaryakan.

Masih terkait speak usahanya, H. Suminto juga menyebut terkait kayu jati memberikan nilai tambah secara ekonomis dan sudah diterima oleh pasar dunia. Selama ini, usahanya ini sudah menyediakan potongan-potongan kayu jati berkualitas kepada para konsumen yang berminat untuk dengan petunjuk teknis untuk sesuai kebutuhan.

Usaha Jati milik H. Suminto

Sifat harga kayu jati memang mahal, apalagi yang lurus dan padat membuat mempunyai nilai jual yang cukup tinggi dan digunakan oleh industri. Usaha UD Sarana Jati juga menyediakan berbagai jenis kayu lainnya, diantaranya empat jenis sengon, yakni buto, laut, solomon, dan tekek, mahoni, akasia, meranti dan lainnya.

“Apabila kurangnya pasokan bahan kayu bisa menyebabkan industri mengalami kesulitan dalam memenuhi kapasitas produksi yang stabil, yang bisa berimbas pada komitmen dengan pembeli. Karena iklim alam kita dengan beberapa musim merupakan pasar potensial yang selalu membutuhkan pasokan kayu sebagai salah satu bahan bangunan yang cukup penting,” tandasnya.

Kemudian masih pendapat H. Suminto dibandingkan dengan volume produksi kayu akasia, sengon dan meranti, jumlah produksi kayu jati masih mempunyai ruang untuk ditingkatkan dengan intensifikasi yang diberikan kepada para konsumen atau pemesan baik dilokal juga di Jawa Tengah dan ekstensifikasi di luar Jawa Tengah.

( Awi )

Related Post