Hebat!! Berikut Ini 9 Istri Presiden Soekarno Yang Harus Kamu Tahu

FOKUSLINTAS.com, SEJARAH – Bangsa Indonesia selalu ingat dan menghormati semua jasa – jasa besar yang dilakukan oleh Presiden Soekarno, sehingga tidak jarang kita temukan berbagai foto beliau disetiap rumah. Lebih dari itu tahukah kamu kalau presiden pertama yang dengan gagah berani memproklamasikan kemerdekaan ini mempunyai istri lebih dari satu? Penasaran ? oke disini akan menyajikan daftar para istri presiden pertama kita ini.

1.Siti Oetari ( 1921 – 1923 )

Siti Oetari dinikahi Presiden Soekarno saat beliau berumur 20 tahun sedangkan Siti Oetari berumur 16 tahun. pernikahan itu terjadi saat Presiden Soekarno berada di kost milik ayah Siti Oetari yakni HOS Tjokroaminoto. Dari mertuanya itulah Presiden Soekarno belajar bagaiaman cara berpidato dengan berapi – rapi. Karena perbedaan umur yakni Presiden Soekarno berumur 20 yang selalu berfikir tentang perjuangan politik sedangkan Siti Oetari berumur 16 tahun yang masih asyik dunia anak – anak, membuat hubungan mereka renggang dan diputuskan untuk bercerai baik – baik.

2.Inggit Ginarsih ( Maret  1923 – 1942 )

Pernikahan ini terjadi  saat umur Presiden Soekarno 20 tahun sedangkan Inggit Ginarsih berumur  33 tahun. pertemuan mereka berawal dari kos di Bandung saat Presiden Soekarno menempuh gelar insinyur. Meskipun janda namun Presiden Soekarno tetap menyayangi Inggit Ginarsih  terbukti umur pernikahan mereka sampai 20 tahun. alasan mereka bercerai karena Inggit Ginarsih tidak mau dimadu.

3.Fatmawati

 Pernikahan ini terjadi  saat umur Presiden Soekarno 42 tahun dan Fatmawati 20 tahun. karena tidak mau dimadu dengan Fatmawati inilah Inggit Ginarsih kemudian dicerai oleh  Presiden Soekarno. Pertemuan mereka saat Presiden Soekarno berada di pembuangan Bengkulu dan Fatmawati merupakan  ibu negara pertama yang mendampingi presiden RI. Dari Fatmawati inilah lahir anak Presiden Soekarno yang juga presiden Indonesia yakni Megawati Soekarno Putri.

4.Hartini

Pertemuan pertama antara Presiden Soekarno dengan Hartini saat meresmikan Masjid Syuhada yang kemudian dilanjutkan di jenjang pernikahan di Istana Cipanas, 7 Juli 1953. Dengan Hartini inilah Presiden Soekarno banyak bertemu dengan tamu negara seperti pimpinan negara Kamboja,Vitenam dan istri raja Jepang. Hartini merupakan tipikal wanita Jawa teladan karena berbakti kepada suami meskipun dimadu dan tetap menemani sampai akhir hayat Presiden Soekarno. Saat menikah dengan Hartini ini Presiden Soekarno juga menikah dengan wanita lainnya yakni Haryati tahun 1963,Ratna Sari Dewi tahun  1962 dan Yurike Sanger tahun 1864.

5.Ratna Sari Dewi Soekarno

Pertemuan antara Presiden Soekarno dengan Ratna Dewi saat berada di pertemuan relasi di hotel Jepang. mereka menikah di tahun 1962 saat umur Ratna Dewi berumur 19 tahun dan Presiden Soekarno berumur 57 tahun. Ratna Dewi pernah membuat kontrovesial karena menerbitkan foto bugilnya di buku yang berjudul “ Madame Syurga “ pada tahun 1998.

6.Haryati

Haryati sebelum menikah dengan Presiden Soekarno adalah penari dan Staf Sekretaris Negara Bidang Kesenian. Mereka menikah pada tanggal 21 Mei 1963. Saat itu Haryati sedang berusia 23 tahun dengan status masih pacar orang lain. namun karena satu bunga mengalahkan ribuan kata – kata alias melamar mengalahkan ribuan gombalan maka diputuskanlah Haryati untuk mau menikah dengan Presiden Soekarno. Namun pada akhirnya mereka bercerai di tahun 1966 saat Presiden Soekarno dekat dengan Ratna Sari Dewi Soekarno. 

7.Yurike Sanger

Pertemuan awal mereka saat Yurike Sanger sebagai anggota Bhinneka Tunggal Ika saat upacara bendera. Presiden Soekarno jatuh cinta pada pandangan pertama pada gadis yang saat itu berstatus sebagai pelajar. Maka segera diajak mengobrol, duduk bersama dan diantar ke rumah. Meski tautan umur mereka sangat jauh namun atas dasar cinta akhirnya mereka menikah di tanggal 6 Agustus 1964. Selang tiga tahun kemudian saat Presiden Soekarno dilengserkan mereka cerai secara baik – baik.

8.Kartini Manoppo

Wanita yang masih keturunan keluarga bangsawan di Pulau Sulawesi ini menikah dengan Presiden Soekarno pada tahun 1959. Profesi Kartini Manopo sebelum menikah dengan Presiden Soekarno adalah sebagai pramugari Garuda Indonesia. sehingga bisa ditebak cinta mereka mekar karena intensitas pertemuan mereka di pesawat. Namun karena dari kalangan bangsawan ternama di Pulau Sulawesi pernikahan mereka cenderung ditutup – tutupi.

9.Heldy Djafar

Pernikahan mereka terjadi saat Presiden Soekarno berusia 65 tahun sedangkan Heldy Djafar berusia 18 tahun. gadis yang berasal dari Kutai Negara, Kalimantan Timur itu menikah dengan Presiden Soekarno pada tahun 1966. Selang beberapa tahun setelah terjadi geger peristiwa Pemberontakan Partai Komunis Indonesia Presiden Soekarno dijadikan tahanan rumah, hal ini membuat komunikasi dengan Heldy Djafar menjadi sulit. Akhirnya saat Heldy Djafar hamil tua dia mendengar kabar bahwa Presiden Soekarno wafat di usia 69 tahun.

( Nanang )

(Adm)

Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *