Diklaten, ASN Yang Bolos Hari Pertama Kerja Kena Sanksi

FOKUSLINTAS.com, KLATEN – Hari pertama masuk kerja setelah menjalani libur cuti Lebaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Setda Pemkab Klaten jatuh pada Senin (10/06/2019). Pada hari pertama kali ini, ASN yang tak hadir tanpa keterangan jelas bakal kena sanksi.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi. Adapaun kegiatan hari pertama kerja bagi ASN adalah bersilaturahmi dengan diawali apel bersama di halaman Kantor Setda Klaten. Selepas itu langsung kembali ke ruangan masing- masing.

Kita masuk tetap seperti biasa jam 07.15 WIB. Karena ini hari pertama maka diadakan apel, sekaligus kita bermaaf- maafan setelah Lebaran dan libur panjang,” ujar Jaka usai melaksanakan apel, Senin pagi.
Lebih lanjut disampaikan, total ASN di lingkungan Setda Pemkab Klaten sekitar 600 orang dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD). Dari hasil pemantauan sementara, prosentase kehadiran ASN lebih dari 90%. Mereka yang tidak hadir rata- rata ASN yang kena jatah piket. 

Saat lebaran kemarin kan ada ASN yang jatah piket, nah mungkin hari ini bergantian dengan ASN lain jadi tidak hadir. Jadi saya kira ini sementara 90% lebih lah yang hadir, tapi ya kita tunggu saja nanti laporannya,” imbuh dia.
Guna memantau tingkat kehadiran ASN, pihaknya sudah mengintruksikan kepada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten agar memantau di tiap OPD. Nantinya, ASN yang tidak hadir tanpa keterangan bisa diberi sanksi berjenjang.

Disisi lain, pada apel kali ini para ASN juga wajib mengisi daftar hadir. Hasil dari daftar kehadiran itu kemudian akan dipantau oleh BKPPD. Dengan begitu para ASN tidak akan bisa berbohong saat dikonformasi, sebab mereka tidak membubuhkan tanda tangan pada pagi hari.

Mungkin ada yang telat, nah itu nanti kelihatan siapa saja. Saya berharap semua bisa tertib, karena juga sudah libur cukup lama. Tapi jika ada yang masih ngeyel ya sanksi kita berikan, pungkasnya.(Sr-FL)

(Awi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *