Berawal Dari Berbagai Gagasan, Desa Krikilan Bakal Kembangkan Desa Wisata

FOKUSLINTAS.com, SRAGEN – Berawal dari inspirasi yang dituangkan dalam visi dan misi, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, berkembang menjadi sebuah desa wisata lestari dimana mempunyai manajemen yang transparan.

Informasi yang di himpun fokuslintas.com, terkait Perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi di Desa Krikilan ini didukung penuh oleh semua unsur termasuk pemerintahan desa, organisasi, hingga masyarakatnya.

Kepala Desa Krikilan, Widodo SH saat diwawancarai wartawan senin (10/6) mengatakan, untuk menciptakan hal semua itu bukan hal mudah namun juga bukan hal yang mustahil jika ingin membuat kegiatan berlandaskan mimpi atau inspirasi desa.

Kepala Desa Krikilan Widodo SH

Kepala Desa yang terkenal supel ramah namun tegas, dan bakal maju ke Pilkades serentak kedepan ini mempunyai berbagai ide gagasan untuk memajukan wilayah desanya.

Kemudian dari mimpi-mimpinya Kades Widodo itu antara lain; desa hijau bebas sampah, pariwisata lestari, infrastruktur yang unggul dan aman, tata kelola pemerintah desa yang transparan dan akuntabel, hingga mewujudkan desa yang kreatif.

“Bentuk dari perencanaan itu antara lain adalah adanya wisata alam bukit Punden Tingkir. Disisi lain kami membuat sebuah kegiatan hasil dari mimpi desa yang dalam perencanaan melibatkan masyarakat secara keseluruhan, harus melepas semua kepentingan pribadi, dan juga golongan. Agar bisa bersama-sama membuat satu karya yang nantinya menjadi acuan kinerja pemerintah desa untuk mewujudkan visi misi dan mimpi desa”, ungkapnya.

Menurutnya, hal ini diperkuat juga dengan kearifan lokal yang hampir punah, namun ini kembali digiatkan kembali oleh pemerintah desa dan masyarakat setempat. Kearifan lokal yang dimaksud antara lain merti desa, budaya gotong royong dan menciptakan desa wisata serta pemberdayaan lainnya.

“Sebetulnya tradisi ini sudah ada sangat lama, sejak desa berdiri. Namun sekitar beberapa tahun sebelum saya menjabat tradisi ini hilang karena faktor kepemimpinan yang kurang peka terhadap tradisi. Mulai sekarang saya munculkan lagi karena rasa keprihatinan terhadap kurangnya kepedulian tentang kerusakan lingkungan, juga kebersamaan yang mulai ditinggalkan oleh masyarakat, “ terang dia.

Kantor Pemerintahan Desa Krikilan Kalijambe Sragen

Desa Krikilan yang ada di Kecamatan Kalijambe ini punya spot terbaik yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Jaraknya pun tidak terlalu jauh, dari wisata Sangiran, hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit menuju lokasi.

Jika menginginkan wisata alam dan sunrise di wilayah Desa Krikilan, pengunjung tidak harus naik gunung. Ada bukit yang indah dan dengan panorama dan religi yang bisa terlihat dari sana bukit tingkir namanya. Lintasan ini aman dan bersejarah karena napak tilas kisah Joko Tingkir dimana untuk kelokasi juga melewati daerah lahan pertanian dan taman pemandangan yang indah.

Selain itu, dikembangkan pula juga sistem permakultur. Itu adalah sistem pertanian dan perkebunan yang menggunakan ekosistem di sekelilingnya untuk menciptakan sistem yang swadaya dan berkelanjutan selain keranah wisata. Lewat berbagai lahan juga lokasi, Desa Krikilan mencoba untuk memaksimalkan potensi ini sebagai modal awal pengembangan desa.

Diketahui desa Krikilan ini sudah sering dijadikan tempat studi banding oleh desa lain. Terbukti banyak yang berkunjung ke desa wisata ini untuk sharing dan meninjau terkait pengelolaan desa wisata.

“Desa Krikilan merupakan pengembangan desa wisata berbasis budaya dan sejarah. Ada acara budaya tiap tahun, kedepannya selain infrastruktur kami akan melakukan pengembangan pertanian, sebagai media edukasi juga pendukung aktivitas ini. Konsepnya seperti farm house. Desa ini sangat menarik dan kami rekomendasikan untuk dikunjungi,” pungkas Kades Widodo SH. ( Awi-Nanang )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *