OPINI: Waspadai Sengkuni di Sekitar Kita

FOKUSLINTAS.com – Pada dasarnya mungkin sebagian besar dari kita sudah pernah mendengar tentang tokoh pewayangan yang bernama Sengkuni. Sosok itu dikenal dengan berbagai nama seperti tabiat aslinya.

Perlu kita tahu bahwa Sengkuni adalah salah satu tokoh perwayangan yang dapat dikatakan istimewa juga, akan tetapi ini bukan dalam arti positif, namun justru negatif dari sosok dia.

Tentu banyak yang tahu, kalau Sengkuni adalah lambang manusia yang penuh kelicikan, kebusukan dan kejahatan juga penggambaran seorang tokoh antagonis sejati. Biarpun sebenarnya Sengkuni itu sangat tangkas, pandai bicara dan banyak akal, tetapi sayangnya kelebihannya itu dimanfaatkannya untuk menfitnah, menghasut dan mencelakakan orang lain.

Pada dasarnya dalam diri Sengkuni memang sarat dengan keburukan, maka semua orang akan menolak jika dianggap memiliki watak atau sifat seperti Sengkuni. Tentu kita pun pasti tidak terima jika kita dikatakan sebagai Sengkuni. Aku yakin semua itu…??

Nah..akan tetapi tunggu dulu, coba kita melihat ke dalam diri kita terlebih dahulu. Bercermin apakah kita ini benar-benar yakin bahwa diri kita benar-benar bebas dari sifat ataupun watak buruk Sengkuni…?? Cobalah mari kita melihat dalam diri kita masing-masing pribadi….

Mungkinkah kita ini termasuk orang-orang yang munafik dan suka menjilat di hadapan para penguasa atau orang lain..??

Dan apakah kita suka merasa dengki dan iri hati atas keberhasilan dan kebahagiaan orang lain…?

Lalu apakah kita akan melakukan segala cara demi keuntungan diri kita pribadi meskipun untuk itu kita harus mengorbankan dan mengkambing hitamkan orang lain..?

Serta benar tidak kita suka mencari-cari keburukan dan kelemahan orang lain dan menyebarkannya..??

Tragis.. apabila ternyata jawaban pertanyaan-pertanyaan itu adalah “iya” berarti sifat dan watak Sengkuni ada juga dalam diri kita juga. Apabila ternyata jawabannya adalah “tidak” maka kita patut berlega hati karena kita terbebas dari sifat dan watak buruk Sengkuni yang biadab itu.

Marilah mencoba melihat orang-orang di sekitar kita saat ini. Dan ternyata, tentunya watak dan sifat Sengkuni tersebar pada beberapa orang yang kita temui bahkan bisa juga teman-teman kita sendiri atau orang terdekat.

Hal tersebut tentu saja orang-orang itu tidak hanya sedikit yang mempunyai dari sedemikian rupa dari watak dan sifat buruk sosok Sengkuni.

Tentunya sudah menjadi hal biasa jika kita melihat orang-orang yang serakah dan suka mengorbankan orang lain. Bahkan juga sudah sering kita mendengar fitnah disebarkan untuk menjatuhkan orang lain. Lalu juga sudah sering pula terjadi hasutan yang pada akhirnya membuat kehidupan orang lain sengsara. Tragisnya, juga banyak terjadi orang-orang yang karena sedemikian dengkinya menjadi tega ‘menghabisi’ orang lain, bahkan mengadu domba, memecah belah dan menikam dari belakang teman sendiri. Orang macam begitu sudah menjadi hal biasa ketika seseorang begitu penuh ambisi dan menyingkirkan orang-orang yang merintanginya, hal yang parah iblis berwujud manusia.

Hikmah yang kita cermati, kesadaran kita bijak menyikapi dari dalam hidup ini bahwa nyata memang selalu ada untuk orang-orang sekitar kita yang berwatak Sengkuni. Apabila kita berpedoman adanya kesadaran seperti itu, setidaknya kita dapat lebih waspada dan hati-hati. Jangan sampai kita termakan fitnah dan hasutan yang disebarkannya. Jangan sampai kita ikut arus dalam gelombang kebencian yang dibawanya, cukup kita tenang dan menyimaknya. Karena orang seperti itu juga tiada mulia kehidupannya.

Akhir kata, dengan kita tetap berpegang pada ketulusan dan kebenaran, Sang Kholik pasti akan membantu kita menghadapi ‘virus’ yang disebarkan oleh para Sengkuni-Sengkuni masa kini dan jalan kesuksesan menyertai bagi kita yang tegar serta bermental baja. Amin

SALAM REDAKSI

DEWAN PENASEHAT

MALA KHUNAEFI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *