Kenapa Gigi Anda Ompong, Ini Sebabnya?

FOKUSLINTAS.com – Penyebab utama gigi ompong atau tanggal adalah karena kurangnya menjaga kebersihan gigi sejak dini. Pentingnya menyikat gigi dengan benar dan teratur dapat mencegah gigi tanggal sebelum waktunya.

Menghindari kebiasaan–kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi obat–obatan juga selalu mengkonsumsi makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi, dapat menjaga gigi agar tidak cepat ompong.

Penyebab lain gigi ompong adalah karena kecelakaan. Terjadi benturan keras pada gigi yang dapat menyebabkan gigi tanggal atau harus dicabut.

Selain itu, faktor usia adalah salah satu penyebab gigi tanggal. Pada anak – anak biasanya gigi susu akan tanggal dan berganti dengan gigi permanen mulai usia 6 atau 7 tahun.

Sementara untuk lansia tidak ada patokan usia kapan gigi lansia mulai ompong. Pada lansia gigi ompong disebabkan karena penyakit gusi, trauma gigi, atau  penyakit medis tertentu. Anda dapat membaca informasi tentang cara merawat gigi ompong pada lansia.(Ari)

Editor : Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *