Tangis Haru Warnai Pelepasan Calon Haji di Solo

FOKUSLINTAS.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melepas 407 Calon Haji (Calhaj) asal kota Solo di Pendapi Gede Balaikota, Selasa (9/7). Isak tangis keluarga dan jamaah haji mewarnai acara pelepasan sederhana tersebut.

“Atas nama pemerintah saya mengucapkan selamat, semoga dari mulai berangkat, sampai di tempat tujuan dan kembali ke solo dalam keadaan sehat pula untuk bisa melaksanakan tugas kembali,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo saat melepas calhaj.

Pelepasan berlangsung haru. Sebelum memasuki bus yang disiapkan Pemkot, ratusan calhaj yang hendak berangkat mengucapkan selamat tinggal kepada keluarga yang mengantar. Tak sedikit yang menitikkan air mata. Terutama keluarga yang ditinggal jamaah haji yang sudah lanjut usia. Salah satu jamaah haji, Aris mengaku berat harus meninggalkan keluarga untuk ibadah ke tanah suci.

“Tapi ya mau tak mau karena sudah panggilan Allah,” kata dia.

Sebagai informasi, 407 calhaj asal Solo diberangkatkan dari Embarkasi Haji Donohudan dalam tiga kelompok terbang (kloter), 11, 12, dan 96. Kloter 11 dan 12 terbang menuju Kota Suci Madinah hari ini. Sementara Kloter 96 akan diberangkatkan bersama gelombang dua 5 Agusutus mendatang.

Kloter 11 berjumlah 250 orang terdiri dari jamaah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Aisiyah sebanyak 135 orang , KBIH Al-Mabrur 46 orang, KBIH MTA 37 orang, KBIH LDII 30 orang, dan dan Tim Petugas Haj Daerah dan Indonesia (TPHI dan TPHD) sebanyak 8 orang. Mereka berangkat pukul 09.00 WIB dari Balaikota Solo menuju Tanah Suci melalui Embarkasi Haji Donohudan bersama 109 calhaj asal Klaten.

Sementara Kloter 12 berisi Kloter 12 berjumlah 147 orang terdiri dari jumlah calon haji KBIH Aisiyah 79 orang, KBIH Mandiri 66 orang, KBIH LDII 2 orang, dan TPHD Surakarta 2 orang. Mereka berangkat pukul 11.00 WIB dari Balaikota Solo menuju Tanah Suci melalui Embarkasi Haji Donohudan bersama 205 calhaj asal Boyolali.(Tim)

Editor : Awi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *