Pakar: Soal PPDB Sistem Zonasi Pendidikan Jadi Masalah

FOKUSLINTAS.com — Pakar Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr Furqon Hidayatullah menyatakan, sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) intinya adalah bagaimana penguatan sumber daya manusia (SDM). Kalau penguatan SDM merata maka zonasi tidak ada masalah.

“Karena saat ini SDM-nya belum merata maka timbul gejolak. Kalau semua sekolah kondisinya sama, terutama kualitas, sehingga pelayanan kepada semua masyarakat juga sama, maka saya jamin semua orang tua siswa pasti mau sistem zonasi,” ujar Prof Furqon kepada Timlo.net, di Kampus UNS, Solo, Senin (8/7)

Menurut Furqon, PR bagi pemerintah sekarang agar kondisi semua sekolah negeri bisa sama dalam kualitas, sehingga pelayanan kepada rakyat menjadi sama. Karena zonasi adalah konsekuensi agar sekolah bagus kualitasnya. Makanya tujuan dari zonasi agar sekolah menjadi bagus.

Ditambahkan, sekolah harus memprogramkan agar regenerasi yakni sumber daya manusia dalam hal ini terutama guru pada sekolah yang harus sambung terus dan memenuhi kompetensi.

“Sekarang ini memang sudah ada kemajuan dalam hal kualitas sumber daya manusianya. Tetapi secara implementatif harus menjadi orang yang mau belajar sepanjang hayat dan tidak boleh berhenti. Artinya, guru harus terus belajar. Ini memang agak berat karena merubah kebiasaan,” jelasnya.

Menurutnya, kalau gurunya mau belajar terus maka infrastruktur sekolah baik secara langsung maupun tidak, akan mudah dibenahi. Karena itu penguatan atau perbaikan  sumber daya manusia adalah penting.(Tim)

Editor : Awi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *