Laka di Klaten, Sebanyak 81 Orang Tewas Selama Pertengahan Tahun 2019

FOKUSLINTAS.com–Sebanyak 740 kecelakaan lalu lintas terjadi di Kabupaten Klaten sepanjang pertengahan tahun 2019 dalam kurun waktu Januari- Juni. Disisi lain, mayoritas lokasi yang terpantau rawan kecelakaan lalu lintas berada di jalan pinggiran.

Berdasarkan data yang diperoleh dari  Unit Laka Satlantas Polres Klaten, jumlah kecelakaan lalu lintas selama Januari-Juni sebanyak 740 kejadian. Dari jumlah tersebut, mengakibatkan 81 orang meninggal dunia, 1 orang luka berat dan 1.125 orang mengalami luka ringan.

“Semester pertama sudah ada ratusan kejadian, ditambah bulan Juli ini ada sekitar 28 kejadian. Dan rata-rata lokasinya berada di jalan kabupaten (pinggiran) bukan di jalan nasional seperti Yogya- Solo,” kata Kanit Laka Satlantas Polres Klaten, Ipda Panut Haryono, Rabu (10/07/2019) siang.

Dirinya  mengaku sejumlah lokasi yang masuk kategori rawan kecelakaan lalu lintas diantaranya berada di Jalan Pakis – Wonosari, Jalan Srowot, Jalan Cawas – Pedan, Jalan Karangdowo – Pedan, Jalan Jatinom – Tulung, dan Jalan Manisrenggo – Prambanan. Keseluruhan mayoritas terjadi pada saat jam padat lalu lintas. 

Terkait penyebab kecelakaan lalu lintas, dirinya menyampaikan kebanyak disebabkan oleh kelalaian pengendara baik sepeda motor maupun roda empat. Terbukti, dari hasil pendataan sementara ini hampir 50 persen kejadian adalah kecelakaan lalulintas tunggal.

“Biasanya malah terjadi pada saat jam- jam sibuk kalau yang di jalan kabupaten itu, sedangkan yang di jalan nasional saat sepi atau pada malam hari. Ini yang menjadi perhatian kita semua, karena ya mayoritas itu disebabkan oleh kelalaian,” imbuhnya.

Salah satu bentuk kelalaian dari pengguna jalan adalah sering kali memacu kecepatan saat berkendara. Padahal, lanjut dia, sesuai aturan lalulintas batas maksimal saat berkendara di jalan nasional adalah 80 km/jam. Namun menurutnya selama ini banyak yang kurang memperhatikan hal itu.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, dua orang pengendara sepeda motor dinyatakan meninggal dunia akibat terlibat kecelakaan lalulintas dalam waktu yang berdekatan dan dilokasi yang sama. Kecelakaan itu terjadi di Jalan Yogya – Solo tepatnya di simpang tiga Prambanan.(Tim)

Editor : Awi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *