Fenomena Alam, Semburan Lumpur dan Air Muncul di Cilacap

FOKUSLINTAS.com – Semburan gas bercampur lumpur muncul di tengah persawahan Dusun Gumarang, Desa Sikampuh, Kecamatan Kroya, Cilacap. Sembuaran itu muncul dari lubang pengeboran sumur pantek yang diperuntukan mengairi sawah akibat mengalami kekeringan. 

“Sesuai laporan kades Sikampuh, akibat kekeringan sehingga beberapa warga setempat melakukan pengeboran di sawah masuk wilayah RT 39 RW 4 Dusun Gumarang Desa Sikampuh, guna menyelamatkan tanaman padinya, Sabtu lalu,” ujar Camat Kroya M Najib, Minggu (14/07/2019). 

Namun ketika upaya pengeboran itu mencapai kedalaman sekitar 26 meter dan pipa paralon yang dimasukan sudah mencapai kedalaman 20 meter, alat bor terasa bergetar dan memunculkan suara gemuruh dan tidak lama kemudian timbul semburan air disertai lumpur dengan pola frekuensi tinggi. Saat itu, diperkirakan tinggi semburan mencapai 8 meter. Kondisi tersebut membuat para tukang bor panik dan menghentikan aktivitasnya.

Kejadian tersebut dilaporkan ke aparat desa setempat dan diteruskan ke Camat Kroya. “Kami belum tahu apa penyebab dan jenis material yang keluar dari semburan tersebut, karena diperlukan penelitian laborat,” lanjutnya. 

Namun demikian, pihaknya juga sudah melaporkan ke bupati dan berkoordinadi dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Cilacap. Dijelaskan, pihaknya telah mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan menghentikan kegiatan pengeboran di titik lokasi sekitarnya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dari laporan terakhir, Minggu hari ini semburan air bercampur lumpur itu sudah berhenti, namun demikian di titik pengeboran itu masih terdengar suara gemuruh, dan membuat khawatir warga,” pungkasnya.(Krj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *