Soal Tagihan Bebadan, Keraton Solo Didesak Pemerintah

FOKUSLINTAS.com – Pemerintah pusat mendesak Keraton Kasunanan Solo segera menyerahkan personalia bebadan untuk melengkapi struktur kelembagaan pengelolaan cagar budaya peninggalan dinasti Mataram ini. Disebut-sebut bebadan yang merupakan lembaga internal Keraton kasunanan Solo itu sudah terbentuk, hanya saja sejauh ini secara resmi belum diserahkan kepada pemerintah pusat.

Anggota Pokja penyelelesaian konflik Keraton Kasunanan Solo, Budi Prasetyo menjawab wartawan usai rapat koordinasi di Balaikota Solo, Selasa (16/7), mengungkapkan, lembaga pengelola sangat urgen untuk memperlancar administrasi bantuan yang dikucurkan pemerintah. Sesuai aturan main, bantuan hibah serta pertanggungjawaban disalurkan melalui lembaga.

Selama ini, bantuan dari pemerintah, baik Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng), disalurkan kepada Raja Keraton Kasunanan Solo, Sinuhun Pakoe Boewono XIII Hangabehi. Hanya saja, pola semacam itu memunculkan persoalan, sebab semua hal yang terkait penggunaan dana hibah, harus dikoordinasikan dengan Sinuhun Pakoe Boewono, sehingga acapkali memerlukan waktu cukup lama.

Kalau saja struktur lembaga pengelola terbentuk lengkap, administrasi dapat dikomunikasikan dengan bebadan sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. “Misalnya penyusunan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana hibah, dapat ditangani anggota bebadan yang berkompeten,” ujarnya sembari menyebut, tak seperti selama ini yang seluruh urusan berada di tangan raja.

Di sisi lain, Wakil Pengageng Sasana Wilopo, KRA Dhani Nuradiningrat mengungkapkan, bebadan yang dikehendaki pemerintah pusat sebenarnya sudah terbentuk sejak beberapa tahun lalu. Bahkan secara riil bebadan telah dilibatkan dalam pelaksanaan penggunaan dana hibah dari pemerintah. Saat penyusunan Detail Engineering Design (DED) renovasi Bangsal Pagongan misalnya, anggota badan terlibat di dalamnya. (Kr-Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *