Kasus Investasi Bodong Klaten, Kerugian Capai Rp17 Miliar

FOKUSLINTAS.com–Satreskrim Polres Klaten telah melimpahkan berkas perkara dugaan investasi bodong oleh Direktur PT Krishna Alam Sejahtera (KAS), Alfarizi ke Kejaksaan Negeri Klaten. Dalam kasus ini, diperkirakan nilai kerugian para korban mencapai Rp 17 miliar.

Polisi menetapkan Alfarizi sebagai tersangka tunggal. Sementara berdasarkan pendataan yang dilakukan sebelumnya, jumlah korban penipuan perusahaan jamu itu mencapai 1.810 orang yang berasal dari berbagai daerah. Bahkan, baru-baru ini sedikitnya ada 45 korban dari Jakarta.

“Sudah kita kirim (berkasnya) dua hari yang lalu. Pemberkasan dirasa sudah cukup, jumlah korban juga sudah, maka kita kirim ke kejaksaan untuk dipelajari dulu,” kata Kasatreskrim Polres Klaten, AKP Dicky Hermansyah.

Lebih lanjut disampaikan, saat ini tersangka masih mendekam ditahanan Polres Klaten. Pihaknya berharap dalam waktu 14 hari kedepan segera ada jawaban dari Kejaksaan Negeri Klaten terkait berkas itu, yakni pemenuhan persidangan atau masih ada berkas yang kurang. 

Penyidik menjerat tersangka dengan Pasal 378 atau 372 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara. Tersangka menjanjikan penghasilan uang jutaan rupiah dalam satu minggunya. Namun korban harus menyerahkan uang untuk investasi.

“Kita berharap segera selesai. Dan untuk sementara ini tersangkanya baru satu, belum ada yang lain. Untuk korban nasabah kita sudah mendapatkan data-datanya lengkap,” kata dia.

Seperti yang diberikatan sebelumnya, polisi telah menangkap Alfarizi karena diduga melakukan penipuan berupa investasi bodong kepada korbannya melalui PT KAS. Setiap korban berinvestasi Rp 8-24 juta untuk mengoperasikan jamu. Namun ditengah jalan, Alfarizi justru kabur.

Atas kondisi itu, para korban yang sudah menyetorkan uang lantas menggeruduk ke kantor PT KAS di Desa Kajen, Kecamatan Ceper untuk meminta pertanggungjawaban. Lantaran jumlah korbannya mencapai ribuan orang, mereka lantas melaporkannya ke kantor polisi.(Sr-Fl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *