BI Catat Aliran Modal Masuk Rp192,6 Triliun

FOKUSLINTAS.com – Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang masuk ke pasar keuangan dalam negeri mencapai Rp192,6 triliun, sejak awal tahun hingga 3 Oktober 2019. Kondisi itu menopang stabilitas nilai tukar rupiah yang bergerak di kisaran Rp14.170-Rp14.180 per dolar AS selama beberapa waktu terakhir.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan terjaganya aliran masuk modal asing menunjukkan imbal hasil aset keuangan domestik masih menarik meski, selama tiga bulan terakhir, suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate telah dipangkas 75 basis poin (bps) menjadi 5,25 persen.

Bahkan, BI dalam Rapat Dewan Gubernur periode September 2019 juga kembali mengisyaratkan kemungkinan pelonggaran kembali kebijakan moneter ataupun makroprudensial. Selain itu, ujar Perry, fundamental ekonomi Tanah Air sebagai salah satu negara berkembang masih prospektif di tengah gejolak yang melanda perekonomian global.

“Modal asing masuk ke Surat Berharga Negara terus berlanjut yang menunjukkan imbal hasil (yield) kita (Indonesia) tetap menarik, prospek ekonomi Indonesia juga masih membaik,” ujar Perry.

Jika dirinci, sebanyak Rp137,9 triliun arus modal asing masuk ke instrumen Surat Berharga Negara (SBN), kemudian sebesar Rp52,4 triliun ke saham, dan sisanya ke obligasi korporasi serta Sertifikat Bank Indonesia (SBI). (*)

Editor : Awi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *