Makna Kedutan Mata Menurut Primbon Jawa

FOKUSLINTAS.com – Mata kedutan adalah hal yang umum dialami beberapa orang. Sebagian dari Anda pasti pernah mengalami kedutan di mata kanan atau bisa juga sekitar mata kanan. Kedutan mata kanan atas merupakan kedutan yang paling banyak terjadi, jika dibandingkan dengan kedutan mata kiri atau kedutan tubuh bagian lainnya. Kedutan mata kanan lebih sering dialami karena secara anatomi, diakibatkan oleh letak pembuluh darah, otot, dan sel saraf yang memang cukup banyak terdapat di daerah tersebut.

Kedutan yang termasuk dalam jenis ini dianggap hanya sebagai gejala kontraksi saraf biasa. Namun bagi ahli spiritual, kedutan mata kanan dapat diartikan sebagai tanda atau firasat akan terjadinya sesuatu. Ada beberapa makna yang terkandung dalam mitologi Jawa yang terangkum dalam buku Primbon Jawa. Meskipun zaman telah modern, tapi kepercayaan dengan ramalan primbon Jawa masih tetap ada. Jadi, tak mengherankan ada beberapa orang yang masih mempercayai hal ini.

Arti Kedutan Mata Kanan Atas Menurut Primbon Jawa

Dalam Primbon, jika Anda mengalami kedutan mata kanan atas, jangan dianggap hanya ada satu arti. Makna kedutan mata kanan harus disesuaikan berdasarkan letak dan bagian-bagiannya. Masing-masing bagian memiliki maknanya sendiri-sendiri. Apabila Anda pernah mengalami kedutan di beberapa bagian mata kanan, alangkah baiknya Anda mengetahui arti dari kedutan mata kanan yang Anda alami menurut versi primbon Jawa.

  • Kedutan pada alis mata kanan

Kedutan mata kanan di bagian alis merupakan pertanda bahwa Anda akan mendapatkan sebuah kebahagian atau kabar baik. Akan tetapi, kebahagiaan itu akan Anda dapatkan setelah Anda bersusah payah dan bekerja keras untuk mencapai target atau harapan. Anda boleh percaya atau tidak, tapi sudah banyak orang yang membuktikan kebenaran dari ramalan yang satu ini. Dari primbon jawa ini, Anda bisa menjadikannya sebuah pembelajaran bahwa setiap orang berhak memiliki harapan, cita-cita dan tujuan. Harapan dan cita-citanya akan mudah dicapai atau dapat dikatakan berhasil jika orang tersebut mau berusaha. Pada saat harapan atau cita-citanya berhasil diraihnya, maka orang tersebut akan menangis bahagia.

  • Kedutan pada kelopak mata kanan atas

Kelopak mata kanan atas adalah bagian dari mata yang paling sering mengalami kedutan. Jika Anda mengalami kedutan kelopak mata kanan atas, kedutan ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda akan mendapat keuntungan besar dari bisnis atau pekerjaan yang sedang Anda jalani. Namun, jangan langsung mempercayai primbon jawa ini dan jadikanlah pertanda kedutan kelopak mata kanan atas ini sebagai salah satu sumber semangat Anda dalam meraih mimpi. Pertanda yang diberikan lewat kedutan mata kanan tersebut barulah dapat menjadi kenyataan saat Anda mau dan mampun memperjuangkannya. Jika Anda hanya duduk manis dan tidak berusaha, keberuntungan dan keuntungan yang diramalkan hanyalah omong kosong belaka.

  • Kedutan pada kelopak mata kanan bawah dan biji mata kanan

Jika Anda mengalami kedutan kelopak mata kanan atas bawah dan biji mata kanan, Anda perlu berhati-hati karena apa yang baru saja Anda alami dapat menjadi pertanda bahwa Anda akan dilanda kesedihan dalam waktu yang lama. Kesedihan yang tak kunjung usai tersebut akhirnya dapat membuat Anda meneteskan air mata. Ahli primbon mengatakan, sebenarnya sebelum kedutan mata kanan atas menyerang, Anda sebenarnya sudah mendapatkan pertanda dari orang terdekat Anda tetapi biasanya Anda kurang menyadarinya. Meski arti kedutan mata kanan ini terdengar menyedihkan, jangan jadikan hal ini sebagai patokan. Tetaplah menjalani aktivitas sebaik mungkin. Dengan begitu, kesedihan yang akan datang setidaknya bisa diminimalisir.

  • Kedutan pada ekor mata kanan atas

Yang namanya pertanda belum tentu seratus persen terjadi sehingga Anda tak bisa menjadikannya sebagai patokan yang pasti. Apa Anda pernah mengalami mata kanan atas kedutan pada bagian ekor, jika Anda pernah merasakannya, kedutan yang datang pada Anda adalah sebuah pertanda apik. Menurut ahli primbon Jawa, kedutan mata yang terjadi pada daerah ekor adalah satu tanda bahwa seseorang yang menderita sakit dan tak kunjung sembuh, sebentar lagi ia akan menemukan obatnya dan akhirnya dapat sembuh. Sekali lagi, hal itu bisa menjadi suatu kenyataan asalkan Anda mau berusaha untuk melakukan pengobatan.

  • Kedutan pada ekor mata kanan bawah

Ternyata kedutan pada ekor mata kanan pun akan memiliki arti yang berbeda. Saat orang mengalami kedutan mata kanan tepatnya di ekor mata kanan sebelah bawah, hal tersebut dapat diartikan bahwa ia akan bertemu dengan orang yang tak disangka-sangka. Orang tersebut konon kabarnya rumahnya jauh dari rumah Anda. Dengan kata lain, Anda akan mendapatkan surprise karena akan bertemu seseorang yang sudah Anda kenal dalam waktu lama, tetapi Anda sudah lama sekali tidak bersua sehingga Anda akan mendapatkan kesempatan itu. Siapa ya kira-kira?

  • Mitos Kedutan Mata Kanan Versi Jawa

Jika Anda sudah melihat penyebab dan cara mengatasi kedutan mata kanan atas dari sisi medis, tak ada salahnya Anda mengetahui makna dari kedutan mata kanan menurut kepercayaan orang jawa. Tadi sebelumnya sudah disinggung bahwa kedutan mata kanan atas pertanda akan mendapatkan rezeki yang banyak atau mendapatkan keberuntungan. Lalu, apakah makna kedutan mata kanan akan menjadi berbeda jika yang merasakan kedutan hanyalah mata kanan sebelah bawah. Menurut orang jawa, kedutan mata bawah sering menjadikan suatu pertanda yang tidak baik. Agar Anda mengetahuinya lebih detail, inilah beberapa mitos mengenai kedutan mata kanan bagian bawah selengkapnya.

  • Menangis

Ketika mendengar kata menangis, sebagian dari Anda pastinya sudah berpikiran bahwa seseorang sedang mendapatkan sesuatu yang tidak mengenakkan. Padahal, yang namanya menangis tak selamanya menangisi hal-hal yang menyedihkan. Menurut primbon orang jawa, saat Anda mengalami kedutan mata kanan atas berarti suasana hati Anda sedang tidak baik dan kemungkinan besar Anda akan menangis. Menangis disini diartikan menangis karena hal yang menyedihkan. Bahkan, ketika kedutan pada kelopak mata kanan bawah tersebut tak kunjung berhenti, mungkin itu menjadi suatu pertanda bahwa Anda harus merelakan sesuatu hal.

  • Pertanda Tidak Baik

Kedutan kelopak mata kanan bawah menjadi salah satu pertanda bahwa Anda akan mendapatkan kabar yang kurang baik. Kabar kurang baik dapat berupa Anda mendapati seseorang atau saudara meninggal dunia atau Anda akan mendapatkan suatu musibah. Namun, hal yang paling sering terjadi ketika mata kanan atas ataupun bawah kedutan dalam waktu yang lama adalah Anda akan mendapatkan kabar lelayu atau orang yang memiliki hubungan dekat dengan Anda sedang mendapat musibah, seperti sakit atau kecelakaan.

  • Kehilangan Sesuatu yang Berarti

Mitos orang Jawa kadang juga ada benarnya. Tetapi, Anda bisa mempercayainya atau menjadikannya sebagai sebuah informasi saja. Hampir semua dari Anda pastinya sudah pernah mengalami kedutan mata kanan atas atau bawah. Khususnya, untuk kedutan mata kanan bawah sering dijadikan suatu pertanda kesedihan dalam hidup Anda. Salah satunya adalah Anda akan mengalami kehilangan seseorang atau benda yang paling berharga dalam hidup saat Anda mengalami kedutan mata kanan atas maupun bawah. Meski tidak harus peraya, tetapi tak ada salahnya Anda menjadikan hal tersebut sebagai sesuatu yang lumrah bagi orang jawa.

  • Mendapat Sial

Satu kata untuk Anda “hati-hati” ketika Anda mengalami kedutan mata kanan bawah dan pada saat itu juga Anda sedang berada di dekat orang jawa. Pastinya kebanyakan orang jawa akan mengatakan kepada Anda bahwa Anda harus waspada karena kedutan yang sedang menyerang adalah pertanda sebuah musibah. Musibah itu datang kepada Anda sehingga Anda benar-benar harus waspada. Musibah yang datang bisa datang dalam bentuk berbagai macam hal, kesialan karena kehilangan sesuatu, sakit, atau mungkin jatuh. Meski tak perlu mempercayainya seratus persen, tetapi tak ada salahnya Anda menerapkan kewaspadaan sedari dini agar nantinya kesialan yang akan menimpa bisa dihindari.

  • Merasa Kecewa

Mungkin ada yang pernah bilang bahwa jangan menaruh harapan terlalu tinggi karena hal tersebut malah bisa membuat Anda kecewa. Pepatah tersebut agaknya harus diterapkan ketika Anda memiliki cita-cita atau harapan dalam hidup karena tidak semua yang diinginkan oleh Anda bisa tercapai. Menurut mitos orang jawa, saat Anda mengalami kedutan mata kanan bawah, hal tersebut bisa menjadi suatu pertanda harapan Anda pupus sudah. Misalnya, Anda memiliki gebetan dan ingin menjadi pacarnya. Kekecewaan bisa jadi dirasakan oleh Anda karena gebetan ternyata sudah punya pacar. Contoh lain, Anda sudah berusaha semaksimal mungkin agar dapat memperoleh nilai yang bagus. Nyatanya, pada saat ulangan, Anda tidak terlalu bisa mengerjakan soal dan mendapatkan nilai jelek. Itulah beberapa contoh nyata kekecewaan yang mungkin bisa saja terjadi ketika Anda mengalami kedutan mata kanan.

  • Mendapatkan Kebahagiaan

Meski kebanyakan orang jawa akan bilang jika mengalami kedutan mata kanan atas, Anda berarti akan merasakan kesedihan. Nyatanya, salah satu mitos lain tentang mata kanan atas yang kedutan terungkap. Ahli jawa mengatakan bahwa seseorang memang akan menangis saat matanya mengalami kedutan mata kanan terus menerus. Tetapi, tangisannya kali ini karena seseorang tersebut akan mendapatkan kebahagiaan. Misalnya, seseorang akan mendapatkan surprise yang terduga dari orang yang special sehingga surprise tersebut bisa membuat mereka menangis karena bahagia.

Kedutan Mata Kanan Atas Menurut Medis

Dalam istilah medis, mata kedutan disebut blefarospasme yaitu gerakan kejang kelopak mata bagian atas secara berulang-ulang dan terjadi secara spontan dan tiba-tiba. Gerakan ini paling kira-kira terjadi selama beberapa detik, namun ada yang mengalami sampai dua menit. Secara umum, kedutan terjadi pada satu mata. Meskipun demikian, kedutan juga dapat terjadi pada kedua mata. Terkadang secara bersamaan, namun ada yang terjadi secara berurutan.

Bagi sebagian orang, kedutan menjadi hal yang ringan. Namun, ada pula yang merasa kedutan sebagai sesuatu yang tidak mengenakkan. Hal ini karena ada berbagai jenis kedutan dengan tingkat keparahan dan gejala penyertanya. Secara umum, dalam tingkatannya, kedutan dibagi menjadi tiga yaitu.

  • Kedutan Minor

Kedutan tipe minor secara umum tidak menimbulkan rasa nyeri dan biasanya tidak berbahaya. Kedutan minor muncul karena gaya hidup yang kurang baik seperti kelelahan, kurang istirahat, stres, suka mengonsumsi minuman keras atau minuman yang mengandung kafein, serta kebiasaan merokok. Selain itu, kedutan minor juga bisa disebabkan karena iritasi pada kornea atau konjungtiva (lapisan terluar bola mata).

  • Blefarospasme Esensial Jinak

Ada cukup banyak pemicu Blefarospasme esensial jinak, seperti mengonsumsi minuman keras dan minuman berkafein secara berlebihan. Selain itu, dapat juga disebabkan oleh paparan cahaya yang terlalu terang, kelelahan, kurang tidur, iritasi akibat polusi udara, dan stres. Blefarospasme esensial jinak sering banyak dialami oleh orang dewasa puncak pertama sampai dewasa puncak kedua. Kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita dibanding pria.

  • Hemificial Spasm/ Kejang Salah Satu Sisi Wajah

Kejang pada wajah adalah hal yang cukup langka terjadi. Gangguan ini disebabkan karena tekanan arteri pada saraf itu serta melibatkan bagian lain dari otot wajah. Kejang pada wajah ini pun berdampak pula pada salah satu mata, yaitu pada mata sebelah wajah yang mengalami kelainan. Kedutan barangkali akan mengganggu aktivitas Anda.

Cara Mengatasi Kedutan Mata Kanan Atas

Kedutan mata kanan atas tak akan dirasakan ketika hanya terjadi satu kali atau dua kali. Tetapi, jika kedutan mata yang terjadi tersebut intensitasnya sering pastinya lama kelamaan Anda juga akan mengeluhkan apa yang terjadi pada mata Anda. Anda pun bisa menjadi kekhawatiran sendiri dengan kondisi mata Anda. Alangkah baiknya, sebelum Anda memeriksakan keadaan mata kedutan ke dokter, setidaknya Anda bisa mengatasinya dengan cara cara sederhana berikut ini.

  • Mengompres mata

Salah satu hal yang paling mudah untuk mengatasi kedutan mata kanan atas adalah mengompres mata dengan air hangat. Hal ini dapat Anda lalukan setiap malam menjelang tidur dengan cara menempelkan kain lap yang basah yang sudah sebelumnya dicelupkan pada air yang hangat dan tempelkan pada mata yang berkedut. Jika kedutan masih berlangsung, Anda dapat mengganti kompres air hangat dengan air dingin setiap 10 menit sekali.

  • Mengurangi alkohol dan kafein

Ada pula hal lain yang dapat memicu kedutan pada mata kanan atas, yaitu minuman kopi dan minuman yang berakhohol. Makanya, jika kedutan Anda tak kunjung sembuh, lebih baik kurangi atau hindari kedua minuman favorit tersebut. Sebagai alternatif, Anda dapat meminum air tonik, atau yang kita kenal air kelapa. Dianjurkan agar Anda meminum air kelapa muda. Air kelapa ini dipercaya dapat melemaskan otot karena didalamnya terkandung quinine.

  • Tidur lebih awal

Faktor lainnya yang dapat membuat mata kanan atas kedutan adalah tubuh yang kurang istirahat atau tidur. Kedutan adalah salah satu bentuk protes mata karena sudah saking lelahnya melakukan aktivitas.Untuk itu, jika selama ini Anda sering begadang, sebaiknya Anda menghentikan dulu kebiasan begadang. Hal ini karena kegiatan ini dapat memberatkan kerja kelopak mata Anda sehingga lama kelamaan kedutan akan sering terjadi jika Anda tak mau mengindahkannya. Solusi terjitunya adalah mencoba tidur lebih awal dari jam Anda biasanya bergegas tidur paling tidak tidur sepuluh sampai lima belas menit dari jam biasa.

  • Sauna wajah

Anda dapat mencoba ini ketika kedutan mata kanan atas tak kunjung usai. Sauna wajah tidak hanya akan menenangkan dan menghidrasi wajah, tapi uap panas akan membuka dan membersihkan pori-pori. Untuk melakukanya, Anda perlu menuangkan air panas dalam sebuah mangkuk, lalu tutup kepala Anda dengan handuk. Setelah itu, biarkan uap menghangatkan wajah Anda. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menambahkan minyak esensial, seperti minyak kayu putih, minyak lavender, atau minyak bunga mawar. Lakukan secara rutin agar kedutan tak lagi membuat Anda pusing tujuh keliling.

Selain itu, juga bisa menimbulkan efek samping dari obat-obatan, terutama yang digunakan untuk menangani psikosis dan epilepsi.

Jika mata kedutan Anda merupakan gejala gangguan saraf atau otak, maka Anda butuh dirujuk ke dokter spesialis saraf. Hal ini, agar tidak menimbulkan dampak yang lebih serius lagi.

Demikian informasi tentang kedutan mata kanan atas yang dipandang dari segi mitos, primbon dan medis. Semoga Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai suatu pembelajaran dan Anda juga dapat memetik informasi dari apa yang disampaikan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca!(Berbagai Sumber)

Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *