Gara-gara Tawon, Buruh di Klaten Masuk Rumah Sakit

FOKUSLINTAS.com–Seorang warga Desa Glagahwangi, Kecamatan Polanharjo, Sriyono dilarikan ke rumah sakit usai disengat lebah jenis vespa affinis, Selasa (08/10/2019). Korban yang merupakan buruh bangunan itu mengalami gejala nyeri dan panas pada tubuhnya.

Informasi yang dihimpun, peristiwa itu bermula saat korban bersama tujuh temannya sedang bersiap- siap mengerjakan proyek pembangunan talud saluran irigasi sawah pukul 08.00 WIB. Korban awalnya akan menggali pondasi menggunakan cangkul.Sebelum memulai menggali tanah, korban terlebih dahulu mengulur tali. Saat menarik tali, cangkul yang ia bawa diletakkan disamping tanaman. Setelah selesai memasang tali, ia lantas mengambil cangkulnya. Namun diduga cangkul itu mengenai sarang lebah.

Posisi sarang lebahnya itu memang tidak kelihatan. Berada disela- sela tanaman, tapi ukurannya sudah besar. Hampir menyerupai bola sepak, ujar salah satu rekan korban, Sriyono, Selasa siang.

Akibat kejadian itu, lebah yang ada di dalam sarang lantas berhamburan keluar dan mengejar korban. Bahkan ketujuh temannya juga sempat menjadi sasaran, namun mereka berhasil lari. Sementara korban yang berada dekat dengan sarang lebah belum sempat lari. 

Korban langsung dikerumuni belasan lebah. Korban sempat melakukan perlawanan dengan menyabet menggunakan topi dan baju yang dikenakannya. Namun upaya itu tak membuahkan hasil hingga akhirnya ia menjadi korban sengatan ganasnya belasan lebah itu.

Kena sengatan bagian kepala, jumlahnya sangat banyak. Setelah itu korban bisa lari menjauh, namun kondisinya sempat kejang- kejang. Katanya merasa nyeri dan panas pada tubuhnya, imbuh dia.

Mendapati hal itu, korban langsung dilarikan ke puskesmas setempat. Lantaran kondisinya mengkhawatirkan kemudian dirujuk ke RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Korban mendapat penanganan cepat dan berhasil membaik beberapa waktu kemudian.

Boleh pulang, sempat rekam jantung dan kondisinya baik- baik saja. Hanya saja katanya masih terasa nyeri. Kita sangat bersyukur, karena awalnya panik semua melihat gejala yang dialami,” jelasnya.

Sarang lebah kemudian dimusnahkan dengan cara dibakar. Sriyono mengaku baru pertama kali ini melihat efek sengatan lebah vespa affinis. Bentuk lebah ini juga berbeda dengan lebah biasanya, lebah cukup besar dan warnanya hitam sementara pada bagian ekor warnanya kuning.(Srt)

Editor: Awi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *