Hore.. Kades dan Lurah di Boyolali Bakal Dapat Kendaraan Operasional Baru

FOKUSLINTAS.com – Tahun 2020 mendatang, seluruh Kepala Desa dan Lurah di Boyolali akan mendapat satu kendaraan operasional berupa motor roda dua. Agar lebih sejahtera, penghasilan tetap (siltap) mereka juga akan ditingkatkan.

‎”Sudah dianggarkan dalam APBD 2020,” kata Ketua DPRD Boyolali, S. Paryanto, beberapa waktu lalu. 

Total anggaran yang disiapkan untuk pengadaan kendaraan operasional untuk 261 kepala desa dan 6 lurah tersebut yakni sebesar Rp 7 miliar. Kendaraan baru tersebut diharapkan bisa mendukung peningkatan operasional perangkat desa dalam melayani masyarakat.

Meski mendapat yang baru, sambungnya, kendaraan operasional yang lama tak akan ditarik.

Selain itu, setelah melakukan evaluasi dan audiensi dengan Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (APDESI) Boyolali, pihaknya menetapkan untuk  siltap kades ‎akan dinaikkan pada tahun mendatang. Besarannya, dari semula Rp 3,5 juta menjadi Rp 4 juta atau naik sebesar Rp 500 ribu. 

Diakuinya, kenaikan tersebut masih belum memenuhi permintaan pada kades, dimana jumlah ideal siltap sebesar Rp 5 juta. Jumlah ideal tersebut kemungkinan bisa dipenui pada 2021 mendatang, sebab pada 2020 nanti, banyak anggaran terserap untuk pelaksanaan Pilkada. (Kj-Fl-tim)

Editor : Awi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *