Disragen, Dispendukcapil Memakai “Si Anton”, Dalam Sistem Antrean Online

FOKUSLINTAS.com — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Didukcapil) Sragen menyiapkan aplikasi untuk antrean masyarakat yang akan mengakses pelayanan kependudukan. Kini Disdukcapil tengah menyiapkan sebuah aplikasi “Si Anton” sistem antrean online untuk semua pelayanan kependudukan.

“Jadi yang akan kita launching baru kenalan namanya Si Anton, sistem antrean online. Jadi warga masyarkat tidak perlu datang ke sini cuma daftar dari rumah dengan HP masing masing nanti daftar online,” kata Kepala Disdukcapil Sragen, Wahyu Lwiyanto, Rabu (16/10).

Wahyu mengatakan, dengan Si Anton, pemohon hanya memilih pelayanan yang ada. Daftar isi NIK, secara sistem memasukkan NIK akan muncul nama apa yang diminta sesuai yang diinginkan. Masyarakat yang membutuhkan pelayanan kependudukan tidak perlu antre di kantor, melainkan hanya mendaftar online.

Wahyu Lwiyanto  mengatakan, aplikasi tersebut sebenarnya sudah selesai diprogram dan siap soft launching. Namun masih butuh penyempurnaan untuk memudahkan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam melakukan antrean online ini.

Wahyu membeberkan masyarakat tinggal mengakses website dukcapil.sragenkab.go.id kemudian pilih layanan antrean online. Di situ masyarakat dapat mendaftar jenis layanan yang diinginkan dengan mengisi NIK, Nomor HP, email. Namun sebelumnya harus membuat akun yang dipandu oleh aplikasi tersebut.

Kemudian syarat yang akan diajukan pemohon layanan. Setelah mendaftar maka akan menerima pesan dari disdukcapil berupa nomor urut dan jam datang di kantor Disdukcapil.

Menurut Wahyu antrean online ini sangat membantu masyarkat yang sibuk, karena perlu datang sesuai jadwal, tidak perlu antre berlama-lama. (Tim)

Editor : Awi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *