Disolo, Pemberdayaan UMKM Jadi Solusi Penguatan Sektor Pariwisata

FOKUSLINTAS.com — Peran pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) cukup dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan sektor pariwisata. Untuk menunjang kebutuhan itu, Dinas Koperasi dan UKM Kota Solo siap fokus meningkatkan pemberdayaan SDM dan pembentukan sentra UMKM di Solo.

“Sebenarnya kita sudah berusaha menginisiasi pembentukan kelompok UMKM diberbagai daerah. Bahkan beberapa di antaranya sudah berhasil menjadi destinasi wisata,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Solo, Nur Haryani kepada wartawan, Rabu (30/10).

Beberapa kelompok UMKM yang sudah jalan dan cukup berhasil menjadi destinasi wisata tersebut, diantaranya di Kampung Batik Laweyan, Kampung Batik Kauman, sentra tahu tempe di Mojosongo dan lainnya. Karena itu diharapkan daerah lainnya bisa melakukan hal serupa.

Karena dengan hadirnya sentra tersebut, keuntungan yang diperoleh bagi pelaku UMKM bisa berlipat. Karena pasar dengan sendirinya bisa terbentuk dengan baik.

“Sebenarnya dari sisi kesadaran sudah ada. Memang yang diperlukan sekarang peningkatan kapasitas SDM, agar hasilnya bisa lebih maksimal,” jelasnya.

Selain penguatan kapasitas, perbaikan kualitas produk dan harga jual juga menjadi indikator tersendiri untuk menarik wisatawan berkunjung.

Sementara itu, Ketua Forum UMKM Surakarta Rony Prasetyo menambahkan, terkait dengan pembentukan sentra UMKM di Solo dianggap sudah bisa berjalan secara alami. Hanya saja, jika dikaitkan dengan sektor pariwisata dibutuhkan sinergi bersama, kaitannya dengan pemaksimalan branding.

“Kalau mau dibentuk UMKM Pariwisata ya mari, karena hal itu tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Harus ada sinergi, sehingga promosi yang dilakukan bisa maksimal,” tandasnya.(Tim)

Editor : Awi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *