Sejumlah 401 ASN Sukoharjo Terima Kenaikan Pangkat

FOKUSLINTAS.com – Sebanyak 401 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sukoharjo menerima kenaikan pangkat. Penyerahan Surat Keputusan (SK) kenaikan pangkat dipimpin langsung Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya di pendapa Graha Satya Praja (GSP) Pemkab Sukoharjo, Kamis (7/11).

Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pemkab Sukoharjo Sumini mengatakan, sebanyak 401 ASN menerima kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2019. Masing masing ASN menerima secara langsung SK kenaikan pangkat sesuai tugas dan penempatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Mereka sebelum menerima kenaikan pangkat telah melalui proses dan tahapan sebagaimanamestinya sesuai dengan ketentuan.

Pemberian kenaikan pangkat diharapkan bisa menjadi pemacu semangat kerja ASN dan melayani masyarakat. Selain itu juga mendorong prestasi kerja agar menjadi abdi negara lebih baik. 

Para ASN penerima kenaikan pangkat berasal dari golongan IV sebanyak 104 orang, Golongan III sebanyak 253 orang, Golongan II sebanyak 37 orang dan Golongan I sebanyak tujuh 7 orang. Jumlah ASN yang menerima kenaikan pangkat tersebut tergolong besar untuk periode Oktober ini.

“ASN yang sudah menerima SK kenaikan pangkat telah melalui proses tahapan dan dinyatakan layak. Proses dilakukan hingga ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Badan Kepegawaian Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

BKPP Sukoharjo juga mengajukan usulan proses kenaikan pangkat terhadap sejumlah ASN lain. Namun ternyata baru 401 ASN saja yang telah lolos dan menerima SK kenaikan pangkat. Sedangkan sisanya yang belum masih menunggu tahapan di BKN dan Badan Kepegawaian Provinsi Jawa Tengah.

“Proses terhadap kenaikan pangkat ASN yang belum lolos pada periode Oktober ini kemungkinan baru akan diberikan pada periode berikutnya. Kami juga menunggu proses tersebut selesai di BKN,” lanjutnya.

ASN yang belum menerima kenaikan pangkat pada periode Oktober ini diminta untuk bersabar. Sebab mereka tetap wajib memenuhi aturan berlaku sebelum diterbitkan SK.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengucapkan selamat pada para ASN yang sudah menerima SK kenaikan pangkat. Sedangkan bagi ASN yang belum menerima diminta tetap bersabar karena harus menunggu proses selesai terlebih dahulu. Tahapan tersebut wajib diikuti agar tidak terjadi pelanggaran.

Bupati meminta pada para ASN yang telah menerima SK kenaikan pangkat untuk meningkatkan kinerja menjadi lebih baik. Sebab keberadaan mereka sangat dinantikan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. 

Menurut bupati, pada hakekatnya kenaikan pangkat bagi seorang ASN merupakan penghargaan yang diberikan Negara atas prestasi kerja. Karena itu kenaikan pangkat harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Bupati meminta agar jangan sampai setelah menerima kenaikan pangkat kinerja justru menjadi menurun.

“Kenaikan Pangkat hendaknya dipandang sebagai kenaikan tanggungjawab atas jenjang pangkat baru yang dibarengi dengan peningkatan prestasi kerja dan perilaku kerja yang lebih baik,” ujarnya.

Pemkab Sukoharjo meminta pada OPD terkait untuk terus melakukan pengawasan terhadap kinerja ASN. Sebab ASN berprestasi akan mendapat penghargaan sedangkan bagi yang malas dan sering melakukan pelanggaran maka diberikan sanksi atau hukuman sesuai ketentuan. (Kj-Tim)

Editor : Awi

Kont : FL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *