Catat!! Naik Motor Pakai Hp dan Merokok Bakal di Tilang

FOKUSLINTAS.com — Satlantas Polresta Solo menghimbau kepada pengguna kendaraan untuk tidak merokok saat berkendara sepeda motor. Selain membahayakan diri lantaran berkurangnya konsentrasi, merokok sambil mengendarai motor mampu membahayakan orang lain.

“Semisal, abu rokok itu mengenai mata pengendara sepeda motor di belakannya kan juga berbahaya. Mampu memicu kecelakaan,” terang Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Busroni, Jumat (8/11) siang.

Hendaknya, kata Busroni, pengendara yang ingin merokok menepi dari jalan raya. Sehingga, mereka dapat menikmati asap rokok tanpa membahayakan diri dan orang lain.

Sebelumnya, sebuah video memperlihatkan pengendara motor yang sedang merokok viral di media sosial. Pengendara yang membonceng seorang perempuan itu, dengan santai menghisap asap rokok di atas motor sambil melaju. Seorang pengendara motor yang ada di belakangnya sempat mengingatkan, agar dia mematikan rokoknya. Namun, peringatan tersebut tidak diindahkan dan malah terjadi perdebatan diantara keduanya.

Selain itu, lanjut Busroni, penggunaan telepon genggam pada pengendara sepeda motor juga sangat membahayakan. Terkadang, kurangnya konsentrasi lantaran penggunaan handphone membuat pengendara baik mobil maupun motor menjadi oleng. Hal ini, membuat pengguna jalan di belakang mereka menjadi bingung jika ingin mendahului.

“Pernah saya temui, pengendara sepeda motor yang fokus dengan handphonenya melaju oleng. Bingung juga saat dibelakangnya. Hendak mendahului, takutnya dia belok ke kanan. Tidak didahului tapi kok keburu-buru,” kata Busroni.

Terkait hal itu, pihaknya telah memerintahkan kepada anggotanya untuk memberikan tindakan tegas berupa sanksi Tilang jika ditemukan pengendara seperti itu di jalan raya.

“Karena sifatnya membahayakan, tentunya akan dikenakan Tilang,” tegasnya. (Tim)

Editor : Awi

Kont : FL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *