Mau Sukses Bersaing Sehat Dengan Rekan Kerja, Ini Tipsnya?

FOKUSLINTAS.com – Setelah memutuskan masuk ke dunia kerja, setiap orang dewasa sudah mengetahui segala bentuk aturan yang ada di dalamnya. Tak hanya berharap mendapat gaji setiap bulan, memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan perlu dilakukan setiap pekerja. Karena itu, diperlukan kemampuan berkompetisi secara sehat dengan rekan kerja untuk mencetak prestasi gemilang sepanjang karier. Bagaimana caranya?

Persaingan di lingkungan kerja memang tak mudah. Banyak pengorbanan yang harus dilakukan agar tetap bersaing dan bertahan. Jika tak mampu bersaing dan mengoptimalkan kemampuan, Anda akan tertinggal dan karier jalan di tempat.

Ada dua pemahaman tentang motivasi kerja yaitu pekerja menyadari seluruh bakat yang dimiliki dan memiliki keinginan untuk bekerja serta membangun karier. Kedua, pekerja yang hanya bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup setiap bulan.

Di samping dua pemahaman di atas, tak sedikit dunia kerja yang dipenuhi intrik dan situasi negatif yang mampu mengurungkan semangat positif para pekerja. Menghadapi situasi tersebut, diperlukan kemampuan dan strategi positif untuk bersaing secara sehat di dunia kerja.

Berikut disajikan beberapa tips untuk anda dapat bersaing secara sehat dengan teman kerja anda :

1. Memiliki Target Dan Tujuan

Salah satu yang mendukung kemampuan untuk bersaing secara sehat adalah target dan tujuan yang jelas untuk dicapai. Tiap divisi dapat menetapkan target sehingga tiap individu dalam divisi itu juga boleh memiliki target pribadi. Dengan patokan yang jelas, masing-masing dapat bersaing dengan prestasi sendiri dan prestasi orang lain.

Berikutnya, sebagai pekerja tetap menjunjung tinggi visi dan misi perusahaan. Dengan demikian, usaha apapun yang dikerjakan dalam rangka bersaing dan berkompetisi setidaknya tidak menyimpang dari visi dan misi yang sudah disepakati bersama.

2. Bersifat profesional

Kemampuan ini diperlukan agar kita mampu mengelola antara personal dan pekerjaan sehingga dapat bersikap profesional. Sikap profesional patut dijunjung tinggi di dalam segala aspek kehidupan sebagai tenaga kerja baik saat bertutur maupun bertindak.

Sebagai contoh, ketika ada masalah pribadi sebaiknya tidak dibawa ke kantor karena akan berimbas terhadap performa pada pekerjaan. Sebaliknya, jika memiliki masalah di kantor, sebaiknya diselesaikan terlebih dulu dan jangan dibawa pulang ke rumah.

3. Lakukan Pekerjaan Dengan Baik dan Tetap Belajar

Lakukanlah tugas-tugas kita dengan baik dan tepat, karena ini salah satu kiat memenangkan persaingan sehat di kantor. Terkadang, sebaik apa pun kita bekerja, pasti ada saja pihak yang tak suka.

Santailah dan dan tak perlu cemas, sikapi persaingan di kantor dengan bijak serta terencana. Selain poin tersebut, jika ingin bersaing secara sehat diperlukan kemauan kuat untuk belajar, membuka wawasan, mengeksplorasi dan mengembangkan diri.

Keinginan untuk senantiasa belajar dari orang lain atau dari lingkungan kerja merupakan modal yang baik untuk bersaing dalam dunia kerja. Semakin banyak pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, maka individu akan semakin siap untuk bersaing di dunia kerja.

4. Berbusana Pintar Dan Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan

Dengan berpakaian seperti profesional, secara langsung itu meningkatkan rasa percaya diri kita. Nah, penampilan yang proporsional dan pantas tanpa kita sadari, dapat secara tak langsung mengintimidasi saingan di tempat kerja.


Tetaplah menjadi orang yang baik meski dengan saingan kita sekalipun. Sebab, menjadi orang baik dan menyenangkan akan menjadi nilai tambah kita di mata orang lain sekaligus penghargaan bagi diri kita sendiri.

Demikian beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk dapat Bersaing Secara Sehat Dengan Rekan Kerja anda. Tetaplah menjadi diri sendiri dan teruslah bekerja keras. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih. (Memet)

Redaksi

Kont: Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *