Pemkab Sukoharjo Buka Lowongan 424 Formasi CASN

FOKUSLINTAS.com – Pemkab Sukoharjo resmi membuka lowongan sebanyak 424 formasi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2019. Kepastian tersebut diketahui setelah ada surat pengumuman nomor 810/5226/2019 ditandatangani Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya. Masyarakat bisa melakukan pendaftaran melalui sistem online di www.sscasn.bkn.go.id.

Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo, Ahmad Fajar Romdhoni, Rabu (13/11/2019) mengatakan, rekrutmen CASN tahun 2019 sudah dikeluarkan pemerintah pusat dan ditindaklanjuti Pemkab Sukoharjo. Bentuknya yakni dikeluarkannya surat pengumuman yang ditandatangani Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya pada 8 November 2019 lalu. Dalam surat tersebut Pemkab Sukoharjo membuka lowongan sebanyak 424 formasi terbagi tenaga guru 159 formasi, tenaga kesehatan 149 formasi dan tenaga teknis lainnya 116 formasi.

Formasi tersebut sudah final dan selanjutnya diinformasikan secara resmi oleh Pemkab Sukoharjo ke masyarakat. Sosialisasi dilakukan dengan memberikan informasi melalui website resmi Pemkab Sukoharjo di www.sukoharjokab.go.id.

Pengumuman resmi yang dikeluarkan Pemkab Sukoharjo langsung mendapat respon dari masyarakat. Hal itu terlihat dari unggahan masyarakat yang sudah melakukan pendaftaran. 

Dalam melakukan proses pendaftaran masyarakat atau pelamar lowongan CASN wajib melengkapi semua persyaratan. Hal itu sudah diatur secara teknis dalam pelaksanaan dari pemerintah pusat.

“Proses pendaftaran dan kelengkapan syarat lainnya dilakukan secara online mulai 12-24 November. Masyarakat atau pelamar bisa mengakses pada alamat website sesuai petunjuk pemerintah,” lanjutnya.

Pada pelaksanaan seleksi rekrutmen CASN tahun 2019 ini secara teknis sama dengan sebelumnya yakni menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tahap tes tersebut antara lain Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dimulai pada Februari 2020, dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Maret 2020. 

Pengumuman lebih lanjut terkait persyaratan pendaftaran dan lain-lain diumumkan di website sscasn.bkn.go.id dan sukoharjokab.go.id. Masyarakat diminta aktif untuk terus memantau perkembangan informasi di website tersebut.

Secara teknis dalam perekrutan CASN kali ini juga sama seperti tahun 2018 lalu, setiap pelamar hanya bisa mendaftar di satu instansi dan satu lowongan jabatan di kementerian/lembaga/pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota. Pendaftaran berbasiskan nomor Induk kependudukan (NIK).

“Pada awal dibukanya lowongan CASN sudah banyak yang mendaftar secara online. Kami perkirakan jumlahnya semakin banyak menjelang batas akhir atau penutupan pendaftaran,” lanjutnya.

Pemkab Sukoharjo dalam melaksanakan rekrutmen CASN tahun ini melakukan berbagai persiapan. Salah satunya mengenai teknis tempat pelaksanaan tes akan menggunakan Gedung Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) di Kampung Dadapan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar.

Gedung tersebut dipilih oleh Pemkab Sukoharjo salah satunya memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dan telah ditentukan pemerintah pusat. Sebab gedung telah memiliki ruang untuk tes, tempat parkir kendaraan luas, kamar mandi atau toilet banyak, kantin atau koperasi, ruang tunggu atau istirahat, ruang bagi panitia dan keamanan peralatan berupa komputer dan server.

Pemkab Sukoharjo berkaitan dengan tempat juga telah melakukan koordinasi dengan beberapa pemerintah daerah lain di Solo Raya. Hasilnya disepakati tentang penggunaan Gedung LPPKS sebagai tempat pelaksanaan tes CASN tahun 2019.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa mengatakan, pada pelaksanaan rekrutmen CASN nanti Pemkab Sukoharjo meminta kepada masyarakat untuk mempersiapkan diri. Salah satunya berkaitan dengan kelengkapan syarat yang wajib dikumpulkan peserta. Apabila ada kekurangan maka bisa menjadi hambatan calon peserta dalam mengikuti tes.

“Harus waspada jangan terpancing oknum yang menjanjikan bisa menerima calon ASN. Sebab semua kewenangan pusat dan tes digelar dengan sistem komputer,” ujarnya. (Kj-Fl)

Editor : Awi

Kont: Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *