Makhluk Gaib dan Misteri yang Melingkup Gunung Merapi

FOKUSLINTAS.com – Berbicara tentang gunung Merapi, salah satu gunung paling keramat di Indonesia, tidak lengkap rasanya bila belum membahas tentang makhluk – makhluk gaib yang hidup, tinggal, dan berpenghuni di tempat tersebut, seperti apa sajakah makhluk ghaib penghuni gunung merapi yang mendiami wilayah gunung paling berbahaya dan aktif di dunia tersebut? Jenis makhluk apa saja yang layak untuk diperkenalkan dan layak untuk diketahui oleh masyarakat umum? Berikut ini ulasan singkat dan informatif mengenai makhluk gaib dan dunia lain yang hidup berdampingan di gunung Merapi.

Sejarah Singkat Gunung Merapi

makhluk ghaib penghuni gunung merapi

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai makhluk halus apa saja yang hidup dan tinggal di gunung tersebut ada baiknya bila mengetahui secara singkat tentang sejarah gunung merapi. Secara geografis, letak gunung ini berada di antara tiga wilayah yang berbeda yakni wilayah kabupaten Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta, kabupaten Magelang, Boyolali, dan Klaten yang berada di Jawa Tengah. Gunung yang memiliki tinggi mencapai 2968 meter ini merupakan salah satu gunung berapi teraktif di dunia. Bahkan bisa dibilang bahwa gunung ini masuk ke jajaran gunung paling berbahaya di dunia yang dapat sewaktu – waktu memuntahkan lava merapinya.

Telah lama dikenal bahwa gunung ini layaknya gunung – gunung yang lain, selalu dijaga oleh makhluk – makhluk kasat mata yang berbeda dengan manusia, istilahnya adalah makhluk halus. Akan tetapi yang membuat berbeda adalah tingkat keangkeran dan misteri yang melingkupi gunung ini bisa dibilang berada di tingkatan yang berbeda. Banyak orang yang percaya bahwa makhluk – makhluk ghaib penghuni gunung merapi bukanlah makhluk halus biasa. Jenis mereka masuk ke golongan yang tinggi dengan tingkat kegaiban yang juga mumpuni. Oleh karena itu, banyak orang yang tidak berani macam – macam dengan gunung ini.

Di sisi lain, tingkat keangkeran yang tinggi membuat banyak orang tidak jarang mendatangi tempat ini untuk meminta tuah seperti pesugihan dan sebagainya. Caranya adalah dengan melakukan perjanjian dengan makhluk gaib yang menghuni tempat tersebut dengan balasan syarat – syarat tertentu yang wajib dipenuhi disertai dengan pantangan bagi si peminta.

Lantas, jenis makhluk gaib apa sajakah yang menghuni gunung angker ini? Berbeda dengan istilah makhluk gaib yang disematkan di tempat lain, di gunung merapi makhluk halus yang tinggal di sana dikenal dengan sebutan tertentu seperti Eyang, Nyi, dan Kyai. Tokoh – tokoh ini juga memegang tugas yang berbeda untuk menjaga gunung ini.

Beberapa tokoh yang paling sering disebut dalam kisah misteri gunung merapi adalah Eyang Merapi. Ia merupakan tokoh sentral yang memegang tampuk pimpinan tertinggi di dunia lelembut yang berada di gunung Merapi.

Tokoh ini merupakan pimpinan dari seluruh makhluk hidup yang tinggal di gunung tersebut. Ia tidak sendiri dalam menjalankan tugasnya menjaga gunung Merapi. Ada banyak tokoh lain dengan kesaktian yang berbeda yang turut melindungi gunung Merapi. Tokoh lain yang bisa dibilang lebih sering berhubungan dengan juru kunci gunung ini adalah Eyang Panembahan Sapu Jagat.

Eyang ini merupakan makhluk gaib yang bertugas sebagai juru kunci gunung paling aktif di dunia ini. Tugas tokoh ini adalah untuk menjaga dan menentukan kapankah gunung Merapi akan meletus. Ia menjalankan tugasnya dengan dibantu oleh dua panglima yang dikenal dengan nama Kyai grinjing Wesi dan Kyai Grinjing Kawat.

Selain tokoh tersebut, masih ada tokoh lain, makhluk ghaib penghuni gunung merapi seperti Nyai gadung Melati yang bertugas untuk selalu menjaga kesuburan tanaman dan tumbuhan yang berada di wilayah tersebut. Tentu saja, masih ada penghuni lain dengan jabatan dan tugas yang berbeda yang tinggal bersama di wilayah tersebut seperti Wayang Antabog, Kyai Petruk, Kyai Sapu Angin, dan Kyai Wali – wali. (Tanu)

Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *