DPRD Sragen Desak Gaji Guru Honorer Setara UMK

FOKUSLINTAS.com – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sragen mendesak pemerintah Kabupaten Sragen agar bisa mewujudkan kesejahteraan bagi guru honorer. Salah satunya dengan memberi gaji minimal Upah Minimum Kabupaten (UMK) atas jasa dan kontribusi mereka.

”Saat ini pada 2020 cukup banyak yang terserap Pilkada, harapan kami pada 2021 nanti Pemkab bisa mewujudkan setidaknya sesuai UMK,” kata Ketua Komisi IV DPRD Sragen Sugiyamto, Senin (25/11).

Saat ini UMK Sragen berada di angka Rp 1.815.914. Sementara gaji guru honorer di Sragen tidak mencapai setengahnya. Hanya sekitar Rp 700 Ribu. Hal ini sangat disayangkan DPRD Sragen.

Sugiyamto menyampaikan agar ada upaya dari pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan. Selain itu peningkatan kesejahteraan guru honorer ini untuk menjaga kualitas sekolah negeri.

Saat ini ada sejumlah sekolah negeri yang memang digabung atau regrouping karena memang kalah kualitas dengan sekolah swasta. Sehingga kenaikan gaji para guru honorer dirasa sukup penting.

”Di satu SD negeri rata-rata hanya dua PNS, lainnya yang pegang honorer GTT/PTT,” terang Sugiyamto.

Selain itu ruangan sekolah pada saat ini perlu dipasang CCTV dan perekam suara. CCTV ini berfungsi untuk mengevaluasi penyampaian materi oleh guru. Selain juga mengontrol dan mengawasi jika ada guru yang menyampaikan paham radikal pada siswa.(Tim)

Editor : Awi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *