Gubernur Pimpin Upacara Pembubaran Satlat Jalayudha Taruna AAL

FOKUSLINTAS.com – Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. memimpin Upacara Pembubaran Satuan Latihan (Satlat) Jalayudha Taruna Taruni AAL Tingkat IV Angkatan ke-65 TA 2019 di lapangan Apel Resimen AAL, Selasa (2/12).

Dalam sambutan Gubernur AAL mengatakan, latihan Jalayudha yang sudah terlaksana ini merupakan salah satu materi latihan dari komponen pendidikan profesi dasar Korps dalam pola Akademi Angkatan Laut. Kegiatan ini, dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kecakapan dasar operasi laut sesuai dengan pelajaran profesi yang telah diterima Taruna AAL. Hal ini sangat berguna bagi para Taruna, sebagai sebuah proses pembelajaran tentang ilmu pengetahuan profesi untuk bekal penugasan sebagai perwira TNI Angkatan Laut di kemudian hari.

Gubernur AAL juga mengatakan, setelah melaksanakan kegiatan latihan selama kurang lebih 32 hari, para Taruna AAL telah mempelajari, mempraktekan materi-materi latihan sesuai Korps, meliputi peran-peran di KRI, tugas asisten perwira jaga darat, jaga laut, peran fungsi dan tanggung jawab Departemen sesuai Korps, serta mampu memahami prosedur teknik dan taktik pendaratan Amfibi bagi tingkat IV Korps Marinir.

“Latihan Jalayudha ini, juga telah membuka cakrawala pandang bagi para Taruna di dalam mengenal dan mengetahui secara langsung keanekaragaman adat istiadat dan budaya masyarakat Indonesia, melalui berbagai kegiatan selama berlabuh, seperti Kirab Kota, Promosi, Courtesy call dan publikasi tentang AAL serta interaksi sosial dengan masyarakat sekitar. Hal ini, merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga sebagai sebuah proses transformasi dalam memahami kebiasaan-kebiasaan yang ada dalam masyarakat untuk bekal sebagai calon pemimpin TNI AL masa depan”, kata Gubernur AAL.

Dikatakan, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya atas nama jajaran Akademi Angkatan Laut dengan rasa hormat dan bangga, mengucapkan selamat kepada para Taruna tingkat IV Akademi Angkatan Laut Angkatan ke-65, yang telah berhasil mengikuti dan menyelesaikan latihan Jalayudha Tahun 2019 dengan aman, tertib dan lancar sesuai dengan rencana. “Saya berharap, kalian dapat mengambil manfaat dari kegiatan Lattek Jalayudha ini baik aspek Akademik, mental kepribadian dan kesamaptaan jasmani”.

“Perlu dipahami, bekal latihan yang telah didapat masih belum cukup dan harus selalu dikembangkan serta ditingkatkan dalam latihan-latihan selanjutnya di masa mendatang, sehingga dapat dijadikan sebagai bekal awal dalam melaksanakan tugas di kemudian hari. Dengan demikian jangan merasa puas apa yang telah Taruna dapatkan, karena dengan merasa puas, artinya merasa berada di puncak, maka tidak ada jalan lain kecuali turun.

Gubernur juga menyampaikan, penghargaan dan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Komandan KRI Abdul Halim Perdanakusuma (AHP) -355, KRI Teluk Banten (TBT) – 516 dan Satlat beserta staf, pelatih serta instruktur, atas jerih payah dan dedikasi yang telah diberikan, sehingga latihan Jalayudha ini dapat terlaksana dengan sukses, aman dan lancar, selanjutnya berkaitan dengan kembalinya para Taruna kedalam kehidupan Kesatrian Akademi Angkatan Laut, Gubernur AAL berharap, agar dapat segera menyesuaikan diri dengan kehidupan dinas dalam di AAL. “Mantapkan kembali, penguasaan pengetahuan yang dirasakan kurang selama dalam pelayaran dan persiapkan diri untuk menghadapi tugas tugas selanjutnya”, ungkap Gubernur AAL.

Diingatkan, akan ada ujian, manfaatkan sisa waktu yang ada, manajemen waktu skripsi dengan baik, tetap jaga kesehatan dan kebugaran serta jangan evoria sebagai Taruna paling senior.

Hadir pada acara tersebut, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. beserta para pejabat utama AAL, Komandan Satlat Jalayudha, pejabat dan para pengasuh Resimen AAL serta Pamen dan Pama Prodi.

Sumber : Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Imam Setiadi, S.Sos., M.M.

Editor : Awi

Kont : Memet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *