Tukang Genteng Dari Pejaten

Tukang Genteng Dari Pejaten

 

 

FOKUSLINTAS.com – Desa Pejaten, Tabanan memproduksi genteng. Bahannya dari tanah galian di sana. Genteng asli Pejaten ini kuat. Mutunya bagus sehingga banyak yang memakai. Bahkan sampai di desa Pesaban, Karangasem genteng Pejaten terkenal. Butuh waktu 3 jam untuk mengangkut genteng dari Pejaten  ke Pesaban.

Membangun rumah perlu genteng dari tanah. Dikabarkan di sebuah media online genteng Pejaten juga sampai ke pasar luar pulau yaitu Lombok. Untuk pembangunan kompleks perumahan. Diinformasikan juga genteng pejaten dibutuhkan rakyat Nusa Penida.
Mata pencaharian yang segera menghasilkan lembar-lembar rupiah bagi penduduk Pejaten, Tabanan.

Seperti diketahui rumah juga bisa menggunakan atap dari kayu sirap.  Kayu sirap hanya diperuntukkan untuk bangunan-bangunan artistik seperti restoran tempat makan para wisatawan. Tapi rumah-rumah penduduk semua memakai genteng dari tanah. Dan Bali menyalurkan genteng tanah buatan Pejaten.

Seng juga bahan untuk membuat atap. Dijual di toko-toko bangunan, atap dari logam seng sangat ringan. Paku payung digunakan untuk menancapi seng di  atas kerangka atap rumah. Seng cepat berkarat. Biasanya atap seng digunakan untuk bangunan sementara alias darurat seperti gudang atau garasi kendaraan.

 

I Wayan Budiartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *