OPINI: Pentingnya Kebersamaan Dalam Menjaga Budaya Sebagai Tata Kehidupan

Foto: dok (Didik Suwandi alias Cakil)

 

 

FOKUSLINTAS.com – Sebuah realita yang mungkin sangat sedikit orang untuk memperhatikan atau sekedar berempati, dimana budaya sangat mempengaruhi tata kehidupan dalam masyarakat kita.

Dulu, mungkin bagi yang sekarang usia 50 tahun keatas dalam dunia sekolah pasti menemui adanya mata pelajaran lokal yaitu bahasa lokal. Dan materi lokal baik bahasa ataupun apapun jenisnya sangat berpengaruh tata kehidupan, sopan santun, bertutur kata, berperilaku dengan siapapun juga sangat terjaga.

Bahkan ada pula mata pelajaran PMP yang merupakan endapan budi pekerti dan budaya bangsa. Rasa kebersamaan, rasa saling menjaga sangat kental dan mungkin sulit di temukan saat ini.

Dahulu bangsa-bangsa luar mengenal bangsa kita dengan keanekaragamannya dengan keramah tamahannya, dan seiring dengan berjalannya waktu kita berbalik mengagumi mereka.

Cepat atau lambat seiring dengan ketidak pedulian kita. Suatu ketika kita akan menyaksikan bangsa luar menarikan tari serimpi atau bahkan bedoyo ketawang, masihkah kita merasa memilikinya…. ??

Kita tidak perlu menyalahkan dengan masuknya budaya luar entah itu dari barat, timur atau bahkan angkasa luar sekalipun. Yang terpenting saat ini adalah bagaimana kita menjaga dari diri kita keluarga kita ataupun lingkungan kita untuk mengenal atau paling tidak ikut andil melestarikan budaya kita yang sangat adi luhung ini.

Sebelum terjadi seperti uraian tulisan di atas, dalam menanggulangi perlu adanya kebersamaan bersama antara masyarakat, pemerintah, tokoh-tokoh dan seluruh elemen bangsa untuk berani memulai membuat gerakan dan langkah-langkah yang nyata demi kelestarian bangsa dan semua budayanya.

Dikarenakan untuk mengembalikan semua itu sangat sulit, perlu membutuhkan waktu dan perjuangan panjang, bahkan pengorbanan serta tekad yang kuat. Kalau tidak kita sendiri siapa yang akan merawat dan melestarikan budaya bangsa kita.

 

( Didik Suwandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *